Taat Pajak, 70 Pengusaha Medan Mendapat Penghargaan

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Sebanyak 70 pengusaha yang dinilai taat membayar pajak, khususnya pajak hotel, restoran dan tempat hiburan, mendapat reward atau penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Penjabat Wali Kota Medan, Randiman Tarigan, menyerahkan reward itu kepada 70 pengusaha sebagai apresiasi dan ucapan terimakasih atas kepatuhan membayar pajak daerah, bertempat di Ball Room Gedung Selecta, Jalan Listrik, Medan, Jumat (4/12) malam.

Reward diberikan, kata Randiman, juga untuk memotivasi sekaligus membangkitkan spirit masyarakat untuk semakin taat membayar pajak. Sebab, seluruh pajak yang dibayarkan itu digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan di Kota Medan.

“Karenanya melalui event ini diharapkan juga dapat membangun budaya malu bagi wajib pajak yang tidak membayar pajak tepat waktu,” tandas Randiman.

Dari 70 wajib pajak yang mendapat reward tersebut, Dinas Pendapatan Kota Medan selaku penyelenggara kegiatan menetapkan tiga pelaku usaha terbesar dalam membayar pajak tahun 2015.

Untuk kategori hotel, JW Marriot Jalan Putri Hijau sebagai wajib pajak yang terbesar membayar pajak yakni Rp.909.421.827 per bulan.

Selanjutnya kategori restoran, Mc Donlad Merdeka Walk, Jalan Balai Kota selaku restoran pembayar pajak restoran terbesar yaitu Rp.201.695.956 per bulan.

Sedangkan kategori hiburan, Bioskop 21 Centre Point  merupakan tempat hiburan terbesar membayar pajak, yakni Rp.301.485.639 per bulan.

“Semoga penghargaan ini memberikan tambahan energi bagi saudara-saudara wajib pajak sekalian agar terus berkontribusi  kepada pembangunan kota,” kata Randiman.

Mengacu pada rencana penerimaan daerah tahun 2015, khususnya dari sektor pajak hotel, restoran dan tempat hiburan, yaitu sekitar Rp 245 miliar (22,27 persen) dari sekitar Rp 1,1 triliun total target penerimaan pajak daerah, sektor ini menunjukkan kontribusi yang cukup signifikan dan perlu ditingkatkan terus, seiring  berkembangnya pembangunan hotel, restoran, dan tempat hiburan lainnya.

Mengoptimalkan pencapaian target pajak daerah, kata Randiman, tentu membutuhkan komunikasi yang baik dan akrab serta lebih bervariasi, guna lebih meningkatkan sikap sukarela masyarakat untuk membayar pajak.

Itu sebabnya, Randiman sangat mengapresiasi digelarnya event ini, sebagai salah satu upaya memberikan keteladanan yang tinggi bagi masyarakat untuk taat membayar pajak.

“Kita tahu, masyarakat kita memiliki budaya paternalistik. Jadi faktor-faktor ketelandanan cukup penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun kota dengan taat membayar pajak,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Randiman, event ini memiliki arti penting dan strategis sebagai wahanan edukasi, sosialisasi, serta publikasi di bidang perpajakan dan industri pariwisata, guna lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kota.

“Untuk itu melalui event ini, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama membangun Kota Medan. Ingatlah, warga negara yang baik adalah warga negara yang taat pajak,” ujarnya.

Pemberian reward ini turut dihadiri Kadis Pendapatan Kota Medan HM Husni, Ketua PHRI Sumatera Utara Deni Wardana, sejumlah pimpinan SKPD,  pimpinan asosiasi profesi dan usaha, pelaku industri kepariwisataan, serta para wajib pajak hotel, restoran dan tempat hiburan.

Selain mendapat reward, para wajib pajak juga mendapat sugguhan hiburan menarik sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kepatuhan dalam membayar pajak.

Penyelenggara juga menyediakan aneka hadiah menarik berupa televisi, laptop, dispenser maupun lainnya bagi wajib pajak yang beruntung lewat permainan Batu Gonjang.

Menurut Husni,  selain silaturahmi, acara ini digelar  sebagai upaya membangun jembatan hati dengan para wajib pajak, sehingga tercipta komunikasi yang lebih baik.

Husni yakin, melalui komunikasi yang baik, wajib pajak akan membayar pajak tepat waktu. Itu sebabnya acara pemberian reward ini akan dijadikan event rutin setiap tahun.

“Apabila PAD kita semakin meningkat, tentu pembangunan di Kota Medan yang klita cintai ini akan berjalan dengan lancer, dan masyarakat bisa merasakan manfaat dari pajak yang telah mereka bayarkan. Jadi sebagai warga negara yang baik, marilah terus kita tingkatkan kesadaran membayar pajak,” harap Husni.  (AFR)

Foto: Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan didampingi Kepala Dinas Pendapatan Kota Medan M Husni, menyerahkan reward kepada pengusaha taat pajak daerah di Ball Room Gedung Selecta Jalan Listrik, Medan, Jumat (4/12). (bataktoday/afr)

  • Bagikan