KPU Humbahas Kirim Logistik ke PPK

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday-

Dua hari menjelang pelaksanaan pilkada, KPU Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengirimkan seluruh logistik pemilihan kepala daerah dengan menggunakan truk ke 10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Senin (7/12). Dari PPK, selanjutnya logistik akan diserahkan ke 375 tempat pemungutan suara (TPS).

Hal itu disampaikan Ramses Simamora, komisioner KPU Humbahas divisi logistik, kepada wartawan hari ini, Senin (7/12) pagi.

Ramses menjelaskan, dari 10 kecamatan dan tiga kecamatan, terdapat  3 yang masuk kategori terisolir, yakni Kecamatan Parlilitan, Onan Ganjang, dan Peranginan. Selain menggunakan truk, pengangkutan logistik dilanjutkan dengan menggunakan transportasi air atau kendaraan roda dua.

“Seperti ke Desa Sanggaran II Kecamatan Onan Ganjang, kita menggunakan sampan karena jalur darat terputus akibat jembatan ambruk,” jelasnya.

Sementara, kata Ramses, transportasi ke Desa Bungus Kecamatan Parlilitan dan Desa Sihonongan Kecamatan Peranginan, akan menggunakan kendaraan roda dua maupun jasa warga.

Sementara itu, Deliani Saragih Komisioner yang membidangi divisi teknis  menjelaskan, untuk pada pemilih khusus, seperti pekerja rumah sakit, pasien rumah sakit, dan warga binaan di lembaga pemasyarakatan, KPU Humbahas telah menyiapkan formulir A5.

”Pemilih yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS asalnya tidak perlu khawatir . Mereka tetap dapat menggunakan hak pilihnya di TPS lain dengan cara membawa formulir A5 (surat keterangan pindah memilih) dari panitia pemungutan suara asalnya,” jelas Deliani.

Menurut Deliani, dari 32 pemilih di Lembaga Pemasyarakatan Doloksanggul, hingga saat ini pihaknya telah menerima sebanyak 28 pemilih yang memiliki A5.  Namun dari rumah sakit pihaknya belum mendapatkan jumlah pemilih, padahal pihaknya telah menyurati pihak rumah sakit untuk mendata pasien pemilih agar dapat mengurus A5.

Deliani tidak lupa menghimbau masyarakat datang ke TPS untuk memberikan hak hak pilihnya pada pilkada tanggal 9 Desember. (FT)

Foto: sejumlah kotak suara beserta logistik lainnya siap diangkut ke PPK. (bataktoday/ft)

  • Bagikan