Kajatisu: Pejabat Jangan Takut Diperiksa

  • Bagikan

Tanjungbalai, BatakToday-

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) M Yusni menegaskan, para pejabat Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai tidak usah takut jika dipanggil terkait penggunaan anggaran.

“Jika tidak salah, tidak perlu takut jika anda dipanggil oleh Polres atau Kejari Tanjungbalai, terkait adanya laporan dari masyarakat dalam penggunaan anggaran,” katanya saat melakukan kunjungan kerja bersama rombongan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungbalai, Senin (7/12).

Yusni mengatakan, berkaitan dengan sudah terbentuknya Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), pihaknya bersedia mendampingi setiap kepala daerah yang akan melaksanakan program pembangunan berorientasi kesejahteraan masyarakat .

“TP4D merupakan program Kejaksaan Agung sebagai jawaban atas kekhawatiran para pejabat pusat dan daerah akan dipidanakan, menyusul keenganan gubernur, wali kota dan bupati dalam melaksanakan program atau proyek pemerintah. Akibat keengganan itu, serapan anggaran pemerintah pusat dan daerah rendah. Pembangunan akhirnya tersendat,” katanya.

Yusni menjelaskan, Kejari Tanjungbalai dengan program TP4D secara teknis akan mengawal, mengamankan dan mendukung penggunaan anggaran dengan cara pencegahan.

“Biaya pencegahan jauh lebih murah ketimbang penindakan. Pada prinsipnya kami tidak inginkan upaya penindakan dengan melakukan pemanggilan secara paksa,” pungkasnya .

Kajari Tanjungbalai Ester PT Sibuea, dalam sambutan mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi program TP4D.

Wali Kota Tanjungbalai, Thamrin Munthe, menyambut baik kunjungan kerja Kajatisu.

“Kegiatan ini penuh arti penting berkaitan dengan tugas sehari-hari para pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran. Bimbingan dan tuntunan dalam penggunaan anggaran yang nantinya diberikan oleh Kejatisu, akan berorientasi pada kepentingan rakyat,” katanya.

Sebelumnya, Kajatisu M Yusni diupa-upa serta disambut dengan tarian daerah dan pengalungan bunga.

Hadir dalam kegiatan itu, para kepala SKPD di lingkungan Pemko Tanjungbalai, Kapolres Tanjungbalai AKBP Ayep Wahyu Gunawan, Wakil Ketua DPRD Tanjungbalai Leiden Butar-Butar,  Ketua KPU Tanjungbalai Amrizal, tokoh adat, dan undangan lainnya. (eko)

Foto: Kajatisu M Yusni usai melakukan kunjungan kerja, foto bersama dengan personil Kejari Tanjungbalai, (7/12). (bataktoday/eko)

  • Bagikan