Pelaku Kampanye Hitam Pilkada Humbahas Diamankan

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday-

Seorang pria bernama Parsaulian Marbun, warga Desa Purba Baringin, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ditangkap warga di Desa Matiti, Kecamatan Doloksanggul, diduga melakukan kampanye hitam, Selasa (8/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

Parsaulian ditangkap bermula saat warga curiga terhadap satu unit mobil jenis Isuzu Panther berwarna hitam dengan nomor polisi D 1336 UT.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui pengendara mobil tersebut membagikan selebaran yang berisikan pemberitaan miring tentang paslon nomor urut 1 Marganti Manullang-Ramses Purba (Mars).

Selebaran berisi pernyataan-pernyataan mengarah pada perusakan nama baik paslon dari jalur independen tersebut.

Saat dicegat, di dalam mobil yang dikendarainya ditemukan barang bukti setumpuk selebaran, koran dan foto copy salinan putusan Pengadilan Negeri Tebing Tinggi.

Melihat emosi warga yang mulai memanas, pelaku pun segera diamankan Tim Pemenangan Mars ke Mapolsek Doloksanggul guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena perbuatan tersebut merupakan bagian pelanggaran pilkada, maka penindakan pelaku diserahkan kepada pihak penegakan hukum terpadu (Gakumdu) melalui Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dengan nomor laporan pengaduan 007/LP.PILKADA/XII/2015 tertanggal 8 Desember 2015 atas nama terlapor Parsaulian Marbun.

“Kita secara resmi sudah melaporkan perbuatan Parsaulian Marbun tersebut ke Gakumdu melalui Panwaslih,” kata Robinhot Sihite selaku kuasa hukum pasangan calon nomor urut 1 Marganti Manulang dan Ramses Purba (Mars) kepada BatakToday usai membuat laporan pengaduan.

Robinhot menegaskan, pihaknya meminta Panwaslih Kabupaten Humbahas agar segera menindaklanjuti laporan tersebut, supaya pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Humbahas benar-benar berjalan dengan baik dan kondusif.

Kepada para personil tim pemenangan Mars, Robin mengimbau agar tidak terprovokasi untuk melakukan intimidasi atas kejadian tersebut, serta mengharapkan kepada paslon lain untuk tetap menjaga ketenangan selama pelaksanaan pilkada berlangsung.

Sementara, Ketua Panwaslih Kabupaten Humbahas, Nelson Simamora melalui bidang hukum, Marusaha Lumbantoruan mengaku telah menerima laporan yang disampaikan kuasa hukum paslon nomor urut 1 dan selanjutnya akan diteliti lebih dalam.

“Laporan tersebut sudah kita terima. Kita akan mempelajari kasus tersebut lebih mendalam. Apakah tindakan yang dilakukan terlapor atas nama Parsaulian Marbun merupakan perbuatan pelanggaran pemilu atau tidak. Jika hasil penelitian kita membuktikan bahwa yang bersangkutan melakukan pelanggaran pemilu, maka kita selaku Panwas akan merekomendasinya pada tindakan pidana umum,“ terangnya. (FT)

Foto: Kuasa Hukum paslon nomor urut 1, Robinhot Sihite saat menyampaikan laporan pengaduan ke Panwaslih Kabupaten Humbahas, Selasa (8/12). (bataktoday/ft)

  • Bagikan