Dosmar-Saut Unggul 31,62 Persen di Pilkada Humbahas

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday-

Pasangan calon bupati-wakil bupati nomor urut dua, Dosmar Banjarnahor-Saut Parlindungan Simamora,  unggul sementara dari paslon lainnya pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) tahun 2015.

Berdasarkan hasil rekapitulasi data perolehan suara yang dihimpun BatakToday, hingga Rabu (9/12) sore, pasangan Dosmar-Saut sementara unggul dengan perolehan 30.456 suara atau 31,62 persen dari total 96.331 suara sah yang telah direkapiltulasi.

Sementara di urutan kedua, Marganti-Ramses meraih 27.941 suara (29,01 persen),  menyusul paslon Palbet-Henri 24.136 suara (25,06 persen), dan Harry-Momento 11.213 suara (11,64 persen) pada urutan ketiga dan keempat. Pasangan Rimso-Derincen berada pada urutan terakhir dengan 2.585 suara (2,62 persen).

Pantauan BatakToday, Pj Bupati Humbahas Bukit Tambunan bersama FKPD kabupaten Humbahas, KPU dan Panwaslih Humbahas tampak melakukan peninjauan pelaksanaan pemungutan suara ke beberapa TPS.

Ketua tim monitoring dan pelaporan Desk Pilkada Pemkab Humbahas, Tonny Sihombing kepada sejumlah wartawan mengatakan, dalam pelaksanaan pilkada, pihaknya terus melakukan monitoring.

“Untuk mendorong terwujudnya pilkada yang berkualitas, kita dan SKPD Pemkab Humbahas ditugaskan bupati untuk melakukan monitoring dan melaporkan ke tim sekretariat di kantor bupati. Hasil monitoring di lapangan, proses pelaksanaan pilkada berjalan berjalan aman, tertib dan lancar,” kata Tonny.

Terpisah, Ketua KPU Humbahas Leonard Pasaribu saat dihubungi wartawan via selulernya, menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk  mengkawal proses penghitungan suara di setiap TPS, PPS, PPK dan KPU.

Leonard menjelaskan, pasca pemungutan suara di TPS, pengitungan suara di tingkat PPK/Kecamatan akan dilakukan tanggal 12-15 Desember, sementara di tingkat KPU tanggal 18-20 Desember 2015.

Dosmar Imbau Pendukung Jangan Euforia

Menanggapi keunggulan sementara pasangan Dosmar-Saut, Dosmar Banjarnahor menghimbau pendukungnya  agar jangan terlalu euforia atas hasil sementara itu.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang harapan Dosmar terhadap pasangan calon yang kemungkinan akan kalah pada Pilkada Humbahas, Dosmar mengharapkan agar semua pihak menghargai hasil pilkada.

“Mari kita menghargai demokrasi. Kita adalah satu keluarga di Humbang Hasundutan. Jadi tidak perlu kita melakukan langkah-langkah yang tidak sesuai dengan prinsip demokrasi,” ujar Dosmar kepada wartawan di Posko Pemenangan Dosmar-Saut, Doloksanggul, Rabu (9/12) sore.

Pada kesempatan yang sama, Saut Simamora menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan Pilkada Humbahas, khususnya kepada KPU dan Panwaslih Humbahas.

“Mudah-mudahan Dosmar-Saut bisa memimpin Humbang ini dengan baik, dan memajukan daerah ini,” ujar Saut mengakhiri pernyataanya. (FT/AT)

Foto: Suasana pencoblosan di salah satu TPS di Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, Rabu (9/12). (bataktoday/ft)

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”yE8p_7KK2WQ”][/youtube]

  • Bagikan