Ketua PT Medan Hari Ini Panggil Ketua PN Simalungun

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Puji Wahono, mengatakan akan memanggil Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Simalungun untuk menjelaskan proses hukum yang melibatkan Amran Sinaga. Diduga ada sejumlah kejanggalan dalam proses tersebut, sehingga perlu dicari informasi di internal pengadilan itu sendiri.

“Besok (hari ini, red) saya panggil Ketua Pengadilannya,” ujar Puji kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut, Rabu (9/12).

Puji menyatakan, dirinya bahkan tidak mengetahui bahwa sebelumnya ada pengiriman putusan untuk kasus yang sama.

“Yang pertama kali, saya tidak tahu sebab dalam penyerahan itu saya dengar pengiriman salinan untuk pengiriman kedua. Kalau dipikir, yang pertama kemana, kok nggak nyampe. Ini saya harus mencari informasi, kenapa bisa sampai seperti ini,” jelasnya.

Selain itu, dikatakan Puji, setiap putusan yang ditetapkan dan diucapkan maka otomatis sudah dimuat di website.

“Seperti Mahkamah Agung, paling tidak 24 jam sudah bisa diunggah di web,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Puji, jika ada putusan, MA juga memiliki kewajiban untuk mengirimkan putusan ke pengadilan asal.

Tapi dalam kasus yang menyebabkan ditundanya Pilkada Kabupaten Simalungun itu, tidak dipungkirinya adanya kemungkinan-kemungkinan yang bisa mempengaruhi putusan.

“Juga sering kita jumpai ada kepentingan-kepentingan, ada kejadian sebelum putusan ini sampai ke pengadilan,” ujarnya tanpa menjelaskan yang ia maksud dengan kepentingan.

Puji berjanji, akan mencari penyebab proses hukum ini bisa demikian.

“Ini akan saya cari kenapa demikian, kita periksa secara internal,” ujarnya. (AFR)

Foto: Ketua Pengadilan Tinggi Sumut, Puji Wahono, bersalaman dengan Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi usai mengikuti teleconference dengan Mendagri di Kantor Gubernur Sumut, Rabu (9/12). (bataktoday/afr)

  • Bagikan