Setia Siagian Klaim Pasar Horas Kian Aman

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Sejak Perusahaan Daerah (PD) Pasar Horas Jaya berdiri tahun 2014 lalu, kondisi keamanan di Pasar Horas semakin meningkat. Tingkat kerawanan kriminalitas terutama aksi copet menurun drastis, sehingga jumlah pengunjung ke Pasar Horas meningkat tajam. Dampaknya, pendapatan pedagang meningkat dengan sendirinya, yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Demikian disampaikan Direktur Utama PD Pasar Horas Jaya, Setia Siagian, saat membuka Sosialisasi Pelayanan dan Penyesuaian Tarif Kontribusi di Kantor PD Pasar Horas Jaya, Kamis (10/12) kemarin.

Menurut Setia, perubahan struktur dari dinas menjadi perusahaan daerah, memacu manajemen PD Pasar untuk terus berupaya  meningkatkan pelayanan, baik kepada masyarakat pengunjung maupun pedagang.

Setia mengungkapkan, untuk jangka pendek,  PD Pasar Horas Jaya melaksanakan program rehabilitasi drainase Pasar Ikan di Pasar Dwikora yang dananya bersumber dari pemerintah pusat. Selain itu, dilakukan pembenahan lokasi jenis dagangan, peningkatan keamanan dengan menempatkan security dibantu pihak kepolisian, menjaga kebersihan pasar, dan menata sistem kepegawaian dengan menerapkan pola kerja profesional bagi karyawan.

Sedang program jangka menengah, urai Setia, PD Pasar akan terus berkemas dalam meningkatkan pelayanan dengan melakukan rehabilitasi kios-kios, jalan setapak, serta mendirikan tempat parkir sepeda motor dan mobil. Pembangunan ini diharapkan dapat mempercantik pasar serta memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Menurut Setia, pendirian pasar modern serta pusat-pusat  perbelanjaan, hotel, dan tempat wisata, merupakan program jangka panjang PD Pasar Horas Jaya.

“Semakin bagus fasilitas, semakin nyaman berbelanja, tentu pengunjung akan semakin ramai, dan pedagang akan senang. Kita semua akan senang,” ujar Setia dengan tutur bahasanya yang khas.

Pada akhir sambutannya, Setia menyatakan, sebagai perusahaan daerah, tentu PD Pasar Horas Jaya harus memperoleh laba, agar dapat meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan. Untuk itu penyesuaian kontribusi merupakan hal yang perlu dilakukan, dan direncanakan mulai berlaku pada Januari 2016.

Sementara itu Novi Zulkarnain, narasumber dari Perusahaan Daerah Pasar Medan mengatakan, tugas dan fungsi PD Pasar Kota Medan adalah menunjang kebijakan umum Pemerintah Kota Medan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah di bidang perdagangan, meliputi perencanaan, pembangunan dan pemeliharaan, pengelolaan pasar beserta sarana kelengkapannya, dan pembinaan pedagang pasar.

Sosialisasi diikuti jajaran Direksi PD Pasar Horas Jaya, Badan Pengawas, serta perwakilan pedagang Pasar Horas dan Pasar Dwikora. (rel)

Foto: Direktur Utama PD Pasar Horas Jaya, Setia Siagian, saat membuka Sosialisasi Pelayanan dan Penyesuaian Tarif Kontribusi di Kantor PD Pasar Horas Jaya, Kamis (10/12) lalu. (bataktoday/rel).

  • Bagikan