Randiman: Pramuka dan Pemuda harus Manunggal dengan Rakyat

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Perkemahan Pemuda 2015 diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman bagi pemuda, sehingga melahirkan kader pembangunan yang sehat dan memiliki jiwa kepemimpinan serta perduli terhadap lingkungan. Pramuka dan pemuda harus manunggal dengan rakyat.

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan saat membuka Perkemahan Pemuda 2015 di Bumi Perkemahan Cadika Pramuka, Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Jumat (11/12).

Pada kegiatan yang diikuti sekitar 700 peserta itu, Randiman mengatakan, pramuka dan pemuda harus manunggal dengan rakyat. Itu sebabnya perkemahan merupakan salah satu bentuk kedekatan dan pengabdian terhadap masyarakat. Diharapkannya, perkemahan ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi dan memberikan solusi agar para pemuda tidak terjerumus ke hal-hal negatif, salah satunya narkoba.

“Saya sangat menyambut baik digelarnya perkemahan pemuda ini. Kegiatan ini saya nilai sebagai bentuk peran serta aktif pemuda dalam memacu roda pembangun. Di samping itu, juga  sebagai bentuk rasa keperdulian yang tinggi terhadap persoalan kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat,” kata Randiman.

Menurut Randiman, perkemahan ini merupakan salah satu pelatihan untuk hidup mandiri dan kemampuan bertahan.

“Di sini bukan tempat generasi manja, melainkan tempat generasi menempa jiwa kerja keras dan ketangguhan. Di sini juga tempat kita melatih kesolidan tim dan saling bahu membahu antar sesama anggota,” ungkapnya.

Randiman optimis, perkemahan ini akan menambah jaringan pertemanan para pemuda yang mengikutinya, serta mempererat tali silaturahmi dan rasa persatuan antar sesama generasi muda. Dengan 700 pemuda yang mengikuti perkemahan ini, berarti mereka nanti akan menjadi cikal bakal generasi yang berintegrasi dengan masyarakat.

Randiman yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan berharap, nilai-nilai yang didapat dari perkemahan ini agar disebarluaskan kepada pemuda-pemuda lainnya di lingkungan masing-masing.

Pada perkemahan dihadirkan sejumlah narasumber, diantaranya dari Kwarcab Pramuka Kota Medan, Direktur Eksekutif Bank Mandiri Sumut, Direktur Bank Sampah Kota Medan, Kodim 0201/BS, Forum Kewirausahaan Pemuda, serta BNN Sumut.

Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Abdul Azis mengatakan, perkemahan ini digelar untuk meningkatkan sikap disiplin dan hidup tertib dalam keharmonisan. Kemudian meningkatkan kematangan dan kemantapan mental, fisik, pengetahun jiwa kepemimpinan, serta percaya pada diri sendiri.

“Melalui perkemahan ini, kita harapkan para pemuda memperoleh tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, sekaligus mempererat tali persaudaraan. Yang lebih penting lagi, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan para pemuda yang mengikutinya, sehingga menjadi masyarakat mandiri,” jelas Azis. (AFR)

Foto: Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan secara simbolik menyematkan badge pengenal kepada peserta Perkemahan Pemuda 2015 di Bumi Perkemahan Cadika Pramuka, Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Jumat (11/12), Jumat (11/12). (bataktoday/afr).

  • Bagikan