Jelang Natal, Harga Sembako di Humbahas Mulai Naik

  • Bagikan

Doloksanggul, Bataktoday-

Menjelang Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) mulai merangkak naik di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Meski begitu, pasokan bahan kebutuhan pokok tersebut terbilang stabil dan lancar, terutama di pasar tradisional Lintongnihuta dan Doloksanggul.

Hal itu dikemukakan langsung oleh para pedagang kepada Penjabat Bupati Humbahas, Bukit Tambunan, saat melakukan monitoring dan survei pasar di Kecamatan Lintongnihuta, Senin (14/12).

Di pasar tradisional Lintongnihuta, sejumlah pedagang tingkat grosir maupun eceran kepada bupati mengakui, kenaikan harga sudah terjadi sepekan terakhir.

“Kenaikan harga ini sudah terjadi sepekan terakhir menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, namun tidak begitu signifikan,” kata Leo Sihombing, pedagang sembako di Lintongnihuta.

Menurutnya, kenaikan harga kebutuhan itu bervariasi. Untuk beras jenis Tambun Putra per sak dengan berat 30 kilogram biasanya dibeli dari grosir dengan harga Rp 280 ribu, saat ini sudah mencapai Rp 302 ribu.

Harga telur dan gula juga mengalami kenaikan. Untuk gula pasir, naik sekitar seribu hingga dua ribu rupiah per kilogram, sementara harga telur yang biasanya Rp 5.000 per 4 butir menjadi Rp 5.000 per 3 butir.

Sementara di pasar tradisional Doloksanggul baru-baru ini, meski pedagang mengakui ada kenaikan harga sembako, namun pasokan sembako masih tetap stabil.

“Memang harga sembako rata-rata sudah naik, namun pasokan barang hingga sekarang masih tergolong lancar,” kata salah seorang pedagang, Op Rado Purba.

Menanggapi kenaikan harga tersebut, Kadisperindagkop Humbahas, JW Purba saat ditemui BatakToday di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan kenaikan harga bahan pokok dan pasokan atau pun stok barang menjelang Hari Natal dan Tahun Baru di setiap pasar yang ada di Kabupaten Humbahas.

“Baik Natal dan menjelang Tahun Baru, harga sembako sering mengalami kenaikan. Kita akan tetap mengawasi kenaikan harga tersebut, dan tim akan memantau ketersediaan sembako itu di pasar, agar tidak terjadi fluktuasi harga,” jelasnya. (FT)

Foto: Penjabat Bupati Humbahas, Bukit Tambunan sedang berdialog dengan sejumlah pedagang di pasar tradisional Lintongnihuta. (bataktoday/ft)

  • Bagikan