LSM Projo Pertanyakan Alasan KPU Siantar Tunda Pilkada

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

LSM Projo mendatangi kantor KPU Kota Pematang Siantar di Jalan Porsea, Senin (14/12), guna mempertanyakan alasan penyelenggara menunda pemungutan suara yang seyogyanya digelar Rabu, 9 Desember 2015 lalu.

“Kedatangan kita dari LSM Projo adalah untuk mempertanyakan apa dasar KPU Siantar menunda pelaksanaan Pilkada di Kota Siantar pada tanggal 9 Desember  2015 lalu,” kata Sekretaris LSM Projo Pematang Siantar, Adil Nasution kepada BatakToday, Senin (14/12).

Adil mengatakan, sesuai jawaban pihak KPU Kota Pematang Siantar melalui ketuanya, Mangasi Tua Purba, keputusan penundaan pelaksanaan Pilkada Kota Pematang Siantar merupakan keputusan dari KPU RI dan bukan KPU Kota Pematang Siantar.

“Sebenarnya KPU Siantar melawan dan memberikan bantahan, tetapi tidak diberikan hak untuk menggugat dan menerima saja apa keputusan KPU RI. Inilah yang menjadi jawaban KPU Siantar,” kata Adil, menyampaikan penjelasan Mangasi kepada pihaknya.

Adil kemudian menegaskan, pasca penundaan pilkada, pihaknya akan tetap mengkawal proses pelaksanaan pilkada, dan tetap memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap kondusif.

“Karena penundaan pilkada ini mungkin akan menimbulkan sikap masyarakat yang apatis,” terang Adil.

Hal yang lebih penting lagi, imbuhnya, dalam waktu dekat ini LSM Projo juga akan menyurati KPU RI untuk meminta keterangan secara tertulis, apa dasar mereka menunda pelaksanaan Pilkada di Kota Pematang Siantar dan sampai kapan batas waktunya.

“Keterangan dari KPU RI akan memberikan pencerahan kepada masyarakat,” ujar Adil.

Sementara itu, Mangasi saat dikonfirmasi BatakToday di ruang kerjanya mengatakan, kedatangan LSM Projo adalah untuk mempertanyakan mengapa Pilkada Kota Pematang Siantar ditunda.

“Kami sudah memberi penjelasan kepada mereka terkait penundaan Pilkada tanggal 9 Desember,” terang Mangasi. (EM)

Foto: Pengurus LSM Projo usai bertemu komisioner KPU Kota Pematang Siantar, Senin (14/12). (bataktoday/em).

  • Bagikan