Jelang Natal, Harga Sembako di Siantar Masih Stabil

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Meski Hari Natal dan Tahun Baru sudah dekat, ternyata harga-harga kebutuhan pokok di pasar tradisional dan modern di Kota Pematang Siantar masih stabil.

Sejumlah pedagang justru mengeluhkan sepinya pembeli, padahal mereka menjual harga dagangannya masih dengan harga lama. Kalaupun ada beberapa jenis kebutuhan pokok yang mulai bergerak naik, masih dalam batas-batas kewajaran.

Kondisi ini terlihat saat Penjabat Wali Kota, Jumsadi Damanik dan pejabat Pemko Pematang Siantar melakukan monitoring harga kebutuhan pokok ke Pasar Horas dan pasar modern Ramayana, Senin (14/12).

“Monitoring ini penting kita lakukan untuk menjamin ketersediaan stok barang kebutuhan pokok serta menjamin kestabilan harga di pasar,” ujar Jumsadi.

Jon, seorang pedagang daging di lantai I Gedung III Pasar Horas, kepada Jumsadi mengeluhkan sepinya pengunjung.

“Sampai hari ini, penjualan kami belum mengalami peningkatan. Namun stok untuk kebutuhan akhir tahun kami pastikan tak ada masalah,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, pedagang ayam potong, UD Putri, juga mengalami kondisi serupa. Selama sepekan terakhir, pembeli masih sepi. Harga daging ayam yang dijualnya berkisar antara Rp 23.000 per kilogram.

Dia menyebut, harga bawang merah asal Brebes yang jusru mengalami kenaikan, dari Rp 18.000 sekarang rata-rata Rp 28.000 per kilogram.

Sedangkan cabai merah belum ada kenaikan, masih stabil dengan harga Rp 30.000 per kilogram.

Untuk harga beras, seorang pedagang, boru Simarmata mengaku juga tak ada kenaikan. Untuk jenis Ramos Rp 10.500 per kilogram dan Kuku Balam seharga Rp 107.000 per sak ukuran 10 kilogram.

Stok beras para pedagang kebanyakan dari Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Serdang Bedagai.

“Akhir-akhir ini malah beras Sergai yang diminati pembeli, cap Bunga seharga Rp 305.000 per sak per 30 kilogram. Mungkin karena rasanya lebih enak dan harganya sedikit lebih murah,” ujar pedagang yang sudah lebih 20 tahun berjualan beras di Pasar Horas itu.

Kepala Toko PT.Ramayana Pematang Siantar, Yulhendri mengaku hingga saat ini belum ada lonjakan pengunjung yang berbelanja.

Meski begitu, pihaknya sudah mempersiapkan stok berbagai kebutuhan menyambut Natal dan Tahun Baru, terutama aneka jenis makanan kue kering, roti dan minuman kemasan.

Pihaknya juga menjamin bahwa barang-barang stok di Ramayana tidak ada yang kadaluarsa.

“Kami per dua minggu rutin memeriksanya, ditambah Disperindag tiap bulan juga melakukan pemeriksaan, termasuk barang-barang yang kemasannya rusak segera kita tarik. Jangan sampai konsumen dirugikan,” bebernya. (tg/rel).

Foto: Penjabat Wali Kota, Jumsadi Damanik saat meninjau Pasar Horas, Kota Pematang Siantar, Senin (14/12). (bataktoday/rel)

  • Bagikan