Rahmat Shah: Anggota Palang Merah Remaja Harus Jadi Teladan

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan wadah pembinaan generasi muda tingkat pelajar di bawah pembinaan Palang Merah Indonesia (PMI). Berbekal pembinaan dan pelatihan yang diberikan selama menjadi anggota PMR, para siswa diharapkan menjadi generasi berkarakter kepalangmerahan yang memiliki kepekaan sosial dan nilai-nilai kemanusiaan.

“Karena itulah, kader-kader PMR harus bisa menjadi teladan di sekolah, di keluarga, maupun di lingkungan tempat tinggalnya, dengan mengedepankan sikap disiplin dalam bersikap, serta mau menolong sesamanya,” ujar Ketua PMI Daerah Sumatera Utara, Rahmat Shah, saat membuka kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR III Tahun 2015 PMI Daerah Sumatera Utara di Lapangan Kampus Universitas Simalungun (USI), Selasa (15/12).

Rahmat juga mengharapkan, segenap anggota PMR bisa menjadi kader Korps Suka Rela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR), yang sangat dibutuhkan dalam tugas-tugas kemanusiaan maupun bencana.

“Sekecil apa pun, kita harus selalu berusaha berbuat baik dengan menolong orang lain, serta menghindari perbuatan yang tidak disenangi orang lain,” imbuh pengelola Taman Hewan Pematang Siantar yang di akhir sambutannya memepersilahkan seluruh peserta dan panitia Jumbara berkunjung ke Taman Hewan pada hari terakhir, tanpa dipungut bayaran.

Keberadaan PMR, menurut Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik saat memberi sambutan, memiliki karakter tersendiri, karena harus bisa berperan sebagai peer educator (pendidik sebaya).

Dengan demikian seorang kader PMR memiliki keterampilan hidup (life skill) untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku positif pada kalangan remaja.

“Model seperti ini tentu tidak banyak dimiliki organisasi lain, yang menjadikan anak-anak PMR bisa menjadi pelopor kemanusiaan, sesuai dengan tujuh prinsip kepalangmerahan,” tegas Jumsadi.

Rektor Universitas Simalungun, Marihot Manullang yang turut memberi sambutan, mengapresiasi kegiatan yang digelar di Kampus USI.

Marihot menjelaskan, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di  USI adalah KRS yang selama ini menjadi mitra PMI Cabang Pematang Siantar.

Tampak hadir pada pembukaan Jumbara PMR III, segenap pengurus PMI Daerah Sumut dan Pematangsiantar, serta sejumlah Cabang-cabang PMI lainnya di Sumut.

Jumbara kali ini, menurut Ketua PMI Cabang Pematang Siantar, Rajin Saragih mengambil tema “Happy, Smart, Friendly in Joining Together” (Ceria, Cerdas, Bersahabat dalam Kebersamaan).

Tujuannya adalah untuk membina generasi muda dalam pengamalan Pancasila, memasyarakatkan visi PMI, dan memacu sportifitas sesama PMR.

Ketua Panitia, Dedi Purwanto melaporkan, perkemahan yang akan berlangsung hingga Kamis (17/12) ini, diikuti sebanyak 800 orang anggota PMR dari Medan, Deli Serdang, Binjai, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Tanjung Balai, Batubara, Simalungun, serta Pematang Siantar sebagai tuan rumah.

Kegiatan akan diisi dengan berbagai perlombaan yang diikuti masing-masing kelompok PMR. Pemenang Jumbara akan mengikuti Jumbara Nasional tahun 2016 yang akan berlangsung di Makkasar. (rel)

Foto: Rahmat Shah dan Wali Kota Jumsadi Damanik saat membuka kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR III Tahun 2015 PMI Daerah Sumatera Utara di Lapangan Kampus Universitas Simalungun (USI), Selasa (15/12). 

  • Bagikan