Tahun 2016, PAD Humbahas Ditargetkan Naik 25 Persen

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday-

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) meyakini, dengan penjaringan, pendataan, dan pendaftaran objek pajak baru, penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Tahun 2016 akan naik 25 persen.

Hal itu diutarakan Martogi Purba, Kepala Bidang Pendapatan, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Humbahas, kepada BatakToday, Selasa (15/12).

“Tahun lalu kita telah melakukan pendataan ulang dan pendaftaran objek pajak baru. Sesuai hasil penjaringan objek pajak ini, kita menemukan pertumbuhan bidang usaha yang dipastikan mendongkrak PAD pada tahun depan,” kata Martogi.

Seiring pertumbuhan ekonomi, kata Martogi, terjadi penambahan objek pajak baru seperti restoran, hotel, bahan galian, dan pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Untuk itu, kami yakin peningkatan PAD Humbahas akan mencapai 25 persen,“ terangnya.

Bukan hanya itu, kata Martogi, seluruh aparatur sipil negara (ASN) juga didorong untuk terdaftar sebagai wajib pajak PBB, walau rumah yang dihuni PNS itu sifatnya kontrak.

“Terobosan lain, meminta kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar tidak bekerja sama dengan pengusaha rumah makan yang belum  terdaftar sebagai wajib pajak, ketika membuat kegiatan pertemuan kedinasan,” tandasnya.

Martogi mengakui, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak masih cukup rendah. Masyarakat kawasan Tapanuli kental dengan adat istiadat yang mempedomani prinsip bahwa tanah yang mereka miliki adalah warisan nenek moyang, sehingga tidak perlu membayar pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Hal demikian merupakan kendala terbesar dalam upaya peningkatan PAD. Mudah-mudahan, lewat penyuluhan dan pendekatan yang dilakukan pemerintah, masyarakat bisa lebih menyadari betapa pentingnya pajak tersebut demi mendukung laju pembangunan suatu daerah,” pungkasnya. (FT)

Foto: Kepala Bidang Pendapatan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Humbahas, Martogi Purba, saat memberikan keterangan di ruang kerjanya. (bataktoday/ft).

  • Bagikan