DPRD Siantar Akan Bahas Rancangan APBD 2016

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematang Siantar akan segera melaksanakan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun 2016.

“Pembahasan akan mulai dijadwalkan pada Kamis ini (hari ini, red) serta disahkan paling lama pada 30 Desember 2015,” demikian diungkapkan Wakil Ketua DPRD,Timbul Lingga saat ditemui BatakToday usai menggelar rapat badan musyawarah (bamus), Rabu (15/12/2015) sore.

Menurut Timbul, sesuai hasil rapat DPRD, jika Pilkada Kota Pematang Siantar tidak jadi digelar pada tahun 2015 ini, maka APBD tahun 2016 akan disahkan paling lama 30 Desember 2015.

“Tapi kalau pilkada jadi digelar tahun ini, maka paling lama disahkan tanggal 31 Desember 2015,” terang Timbul.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Dearah (Bappeda) Kota Pematang Siantar, Reinward Simanjuntak yang juga mengikuti rapat mengatakan, nominal anggaran yang disusun dalam R-APBD tahun 2016 berkisar Rp 1,3 triliun. Prioritas anggaran difokuskan pada pembenahan infrastruktur.

“Kisarannya 70 banding 30, antara belanja infrastruktur dengan belanja  langsung lainnya,” kata Reinward.

Reinward mengakui, adanya keterlambatan penyerahan R-APBD tahun 2016 dari Pemerintah Kota Pematang Siantar kepada DPRD.

Menurutnya, hal itu diakibatkan adanya gonta-ganti Penjabat Wali Kota Pematang Siantar dalam kurun dua bulan terakhir. Namun dirinya optimis, pembahasan R-APBD dimaksud, masih tetap akan efektif, walau tahun 2015 hanya tinggal hitungan hari.

Reinward tak memungkiri, adanya ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang menyatakan, APBD harus sudah disahkan satu bulan sebelum tahun anggaran berjalan.

“Tapi, keterlambatan pengesahan APBD dimaksud, diakibatkan masalah gonta-ganti penjabat wali kota yang berlangsung dalam dua  bulan ini. Publik juga harus pahami lah. Tapi kami yakin, ini masih akan efektif,” tutup Reinward. (EM)

https://soundcloud.com/bataktoday-news/penjelasan-kepala-bappeda-siantar-reinward-simanjuntak-atas-keterlambatan-pembahasan-apbd-2016

  • Bagikan