Dua Kelompok Mahasiswa Bentrok di UISU, 50 Orang Diamankan

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Dua kelompok mahasiswa bentrok dan saling lempar batu di kampus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (17/12). Mahasiswa UISU dari kampus di Jalan Karya Bhakti, Medan Johor datang ke lokasi dengan menumpang sejumlah kendaraan dan berkumpul di depan RS Permata Bunda.

Sementara kelompok lainnya, dengan mengenakan jaket almamater berjaga di dalam kawasan kampus, menyambut dengan membakar ban di belakang pintu gerbang.

Perdebatan terjadi antara kedua kubu. Tak lama berunjuk rasa, mahasiswa yang berdemo lalu membongkar spanduk yang terpasang di pagar kampus.

Kelompok yang ada di dalam kampus kalah jumlah dibanding kelompok yang ada di luar kampus. Sebagian mahasiswa yang berjaga sempat terjebak, karena saat mundur, pintu utama di belakang mereka justru terkunci. Seorang pria yang keluar dan mencoba menenangkan pendemo justru dihajar satpam dan mahasiswa pendemo.

Akibat bentrok itu, sejumlah orang terluka, bahkan dua mahasiswi terlihat  dilarikan ke IGD RS Permata Bunda.

Bentrokan terhenti setelah pihak yang berjaga mundur ke dalam kampus. Petugas kepolisian masuk ke dalam dan melakukan penyisiran.

50 Orang Diamankan Dalam Bentrokan Dua Kubu UISU

Sebanyak 50 orang diamankan petugas kepolisian dalam bentrokan ini. Mereka yang diamankan diduga merupakan preman bayaran dan alumni kampus itu sendiri.

Kapolresta Medan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto mengakui, kedua belah pihak melakukan kekerasan. Pihak yang berjaga diamankan karena diduga sebagai preman dan sebagian lagi alumni.

“Ada 50 orang yang kita amankan ke Polresta. Kami periksa identitas mereka dan alasan keberadaannya di sana,” kata Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto.

Mardiaz mengatakan, petugas hanya mengamankan dan menunggu proses hukum soal legalitas yayasan yang berhak atas UISU.

“Kita memberi waktu untuk penyelesaian legalitas ini,” jelasnya.

Konflik ini terjadi ketika Yayasan UISU Al Munawarah dan Yayasan UISU Medan sama-sama mengklaim operasional kampus FK UISU. Akibatnya, bentrok pun sudah berulang kali terjadi.

Pihak yang berjaga di kampus FK UISU disebutkan dari pihak Yayasan UISU Al Munawarah yang dipimpin Ikhwan Bahrum Jamil, dengan rektor Ahmad Reza.

Sedangkan mahasiswa yang datang diinformasikan dari pihak Yayasan UISU Medan yang diketuai Zainuddin, dengan Rektor Muhammad Arsaad. (AFR)

Foto: Kelompok mahasiswa saat bentrok di Kampus UISU Jl Sisingamangaraja Medan, Kamis (17/12). (bataktoday/afr)

  • Bagikan