Golput Kalahkan Benar dan Redi pada Pilkada Medan

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Sebanyak 74,44 persen warga Kota Medan yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Kota Medan 2015, memutuskan golput alias tak memilih.

Data itu terungkap dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan yang berlangsung di Tiara Convention Center, Medan, Rabu (16/12).

Namun demikian, pasangan Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution tetap pada posisi menang telak dari rivalnya, Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma.

KPU Kota Medan telah usai melakukan rekapitulasi, sementara untuk penetapan dan pengumuman akan dilaksanakan Rabu malam.

“Penetapan pemenang kita lakukan Rabu malam,” kata Komisioner KPU, Pandapotan Tamba.

Hasil rekapitulasi, lanjut Pandapotan, perolehan pasangan nomor urut 1 Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution memperoleh 346.406 suara atau 71,72 persen dari 483.014 suara sah. Sementara rival mereka Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma hanya memperoleh 136.608 atau 28,28 persen. Dan terdapat 24.336 suara tidak sah, mencapai 5,04 persen dari total 507.351 pemilih yang menggunakan haknya.

Angka partisipasi 507.351 pemilih menjadi catatan tersendiri dalam pilkada kali ini. Jumlah itu hanya 25,56 persen dari total pemilih yang terdata dalam DPT yaitu 1.985.096 pemilih. Jumlah warga yang tidak menggunakan hak pilihnya mencapai 1.477.745, atau 74,44 persen dari DPT.

Hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara ini tidak ditandatangani saksi dari pasangan Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma.

“Untuk saksi pasangan nomor urut 2 tadi sempat hadir, namun keluar tanpa memberitahu kita,” jelas Pandapotan.

Diketahui, Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, PKS, PKPI, PAN dan PBB. Dzulmi Eldin merupakan calon petahana karena sebelumnya dia menjabat Wali Kota Medan.

Sementara itu, Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma didukung Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan Partai Hanura. Ramadhan Pohan adalah mantan anggota DPR yang juga elite Partai Demokrat. (AFR)

Foto: Ketua KPU Kota Medan dan para saksi saat menandatangani berita acara kehadiran saksi pada rapat pleno KPU Kota Medan rekapitulasi penghitungan suara  hasil Pilkada Kota Medan, Rabu (16/12). (bataktoday/afr)

  • Bagikan