Amran Uthe: Selamatkan Tanaman sebagai Penyangga Kehidupan

  • Bagikan

Rantauprapat, BatakToday-

Penjabat Bupati Labuhanbatu, Amran Uthe mengajak seluruh pihak agar menyelamatkan tanaman sebagai penyangga kehidupan. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat Labuhanbatu berperan aktif dalam gerakan menanam pohon di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Imbauan ini disampaikan pada peringatan Hari Bulan Menanam 2015 tingkat Kabupaten Labuhanbatu, bertempat di halaman Kampus Universitas Islam Labuhanbatu (Unisla), Jalan HM Yunus, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (17/12).

“Ayo selamatkan tanaman sebagai penyangga kehidupan. Kampanyekan dan imbau gerakan menanam pohon kepada masyarakat lingkungan tempat tinggal untuk menjaga keanekaragaman hayati lingkungan, dimana hutan sangat penting sebagai pilar kehidupan, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Labuhanbatu,” kata Amran Uthe.

Amran menegaskan, ke depan arah kebijakan pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan difokuskan kepada penanganan isu-isu nasional, di antaranya ketahanan pangan yang akan dicapai melalui HKm, HD dan HTR seluas 12,7 juta hektar.

“Strategi percepatan rehabilitasi hutan dan lahan juga dilakukan melalui upaya-upaya yang melibatkan seluruh komponen masyarakat yang terdiri atas instansi pemerintahan, lembaga tinggi, pelaku usaha, ormas, perguruan tinggi, dan sekolah, serta seluruh lapisan masyarakat,” paparnya.

Sebelumnya, peringatan ini diselingi pemberian bibit pohon mangga dan durian serta pelepasan burung merpati.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Labuhanbatu, Adlin Tanjung selaku ketua pelaksana kegiatan, dalam laporannya menjelaskan, Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan pada tahun 2014 telah mendistribusikan 16.710 batang bibit tanaman kehutanan kepada kelompok masyarakat, dan tahun ini akan didistribusikan sebanyak 13.150 batang. (AS)

Foto: Acara peringatan menanam pohon dipusatkan di halaman Kampus Unisla Jalan HM Yunus, Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (17/12). (bataktoday/as)

  • Bagikan