APBD Tobasa 2016 Hampir 1 Triliun

  • Bagikan

Toba Samosir, Batak Today-

DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba Samosir menyepakati   Rancangan Peraturan Daerah (raperda) APBD Kabupaten Toba Samosir Tahun  Anggaran 2016 disahkan menjadi Perda APBD dengan total anggaran belanja mencapai Rp 997.808.607.417 atau hampir Rp 1 triliun pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Samosir, Jumat (18/12)..

Sebelum permintaan persetujuan anggota DPRD, keenam fraksi menyampaikan pendapat akhir yang seluruhnya menerima Raperda APBD Tahun 2016 disahkan menjadi Perda APBD Tahun 2016.

Fraksi Partai Demokrat pada pendapat akhirnya meminta agar ke depan ada keseimbangan antara belanja langsung dengan belanja tidak langsung.

Fraksi ini juga mengingatkan agar Pemkab Tobasa meningkatkan pelayanan kesehatan, pemasangan dan pemeliharaan lampu jalan umum, dan pengelolaan tempat pembuangan akhir sampah agar tidak mengganggu kesehatan masyarakat.

Sementara Fraksi Partai Gerindra mengingatkan agar pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2016 betul-betul diawasi dengan ketat sehingga menghasilkan pekerjaan berkualitas baik.

Pendapat akhir Fraksi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menekankan disiplin dan kehadiran anggota dewan supaya ditingkatkan dan pada saat pelaksanaan rapat-rapat DPRD.

Sementara, Fraksi Perjuangan Kebangkitan meminta agar Dana Desa dikelola sesuai prosedur untuk mensukseskan Program Indonesia Hebat. Fraksi ini juga meminta honorarium tenaga honorer supaya ditingkatkan, dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dikelola dengan inovasi baru.

Sedangkan pendapat akhir Fraksi Nasdem lebih menekankan pengendalian operasional alat-alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum, dan diprioritaskan pengoperasiannya untuk membuka akses jalan baru, terutama di Kecamatan Pintupohan Meranti.

Sementara Fraksi Partai Golkar secara khusus menyoroti pengelolaan sektor pariwisata, supaya lebih ditingkatkan untuk mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara.

Di akhir rapat paripurna, Penjabat Bupati Toba Samosir Hasiholan Silaen menyatakan, pihaknya telah mendengar dan memperhatikan pendapat dan saran-saran Dewan.

“Segala pendapat dan saran-saran tersebut akan dijadikan sebagai prioritas dalam membangun daerah ini,” tandas Hasiholan. (AP)

Foto: Penjabat Bupati Toba Samosir, Hasiholan Silaen menyampaikan sambutan pada penutupan rapat paripurna DPRD kabupaten Toba Samosir setelah penandatangan persetujuan bersama atas Rancangan APBD Tahun Anggaran 2016 di gedung DPRD Toba Samosir, Jumat (18/12), (bataktoday/ap)

  • Bagikan