M Syahrial-Ismail Jawara di Tanjungbalai

  • Bagikan

Tanjungbalai, BatakToday

Pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tanjungbalai dari jalur perseorangan, M Syahrial-Ismail menjadi jawara dalam Pilkada 2015 setelah mengalahkan pasangan calon usungan partai dan gabungan partai politik.

Ini diperoleh setelah KPU Kota Tanjungbalai menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, Kamis (17/12).

Hasil pleno tersebut juga menegaskan, ke tiga pasangan calon rival M Syahrial-Ismail, kalah mutlak. Meski begitu, saksi pasangan nomor urut 3, Khairul Amri tak menerima hasil penghitungan suara itu.

“Kami akan menggugat dugaan kecurangan pilkada yang terstruktur dan sistematis. Kami masih akan bawa ini ke Bawaslu dan PTTUN.  Panwas dan polisi tidak tegak lurus dalam menyikapi pelanggaran pilkada ini, dimana dalam permainannya ditemukan formulir C6 KWK (undangan memilih) yang dicontreng dan diberi tanda lain. Ini menunjukaan adanya dugaan permainan money politic,” kata Khairul.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tanjungbalai, Amrizal mengatakan, bagi tim pemenangan pasangan calon yang tidak puas atau tidak menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara ini, dipersilakan untuk melakukan gugatan.

“Waktu gugatan dilakukan paling lama tiga hari setelah rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ini dilaksanakan,” katanya.

Terpisah, Kapolresta Tanjungbalai AKBP Ayep Wahyu Gunawan saat ditemui usai rapat pleno, membantah pihaknya tidak netral dalam pelaksanaan pilkada.

“Terkait adanya tudingan pembiaran money poltic, ada mekanisme dengan melaporkan ke Panwas yang nantinya diproses di Gakkumdu. Nanti dilakukan pengkajian apakah masuk dalam ranah pidana umum, pelanggaran pilkada atau etika,” katanya.

Sebelumnya, KPU Kota Tanjungbalai menetapkan rekapitulasi hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon yakni, pasangan nomor urut 1 Milvan Hadi-Tengku Dirkhansyah Abus Subhan meraih 13.521 suara.

Nomor urut 2 Rolel Harahap-Romay Noor memperoleh 15.412 suara. Nomor urut 3 Hamlet Sinambela-Surya Darma memperoleh 10.107 suara dan nomor urut 4 M Syahrial-Ismail meraih 35.139 suara.

Jumlah suara sah calon sebanyak 74.179, jumlah pemilih sebanyak 117.745, jumlah pengguna hak pilih sebanyak 75.342.

Jumlah suara tidak sah sebanyak 1.163, jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 75.342, jumlah pemilih disabilitas/penyandang cacat sebanyak 73 dan jumlah pemilih disabilitas/penyandang cacat yang menggunakan hak pilih sebanyak 66. (eko)

Foto :

Rapat pleno penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) KotaTanjungbalai .(bataktoday/eko).

  • Bagikan