Nikson Nababan: Kepala Desa Harus Turun ke Lapangan

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday-

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menuntut kepala desa mampu menggali dan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki untuk kemakmuran rakyat. Kepala desa juga harus mampu menjalin koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dengan perangkat desa, badan permusyawaratan desa, masyarakat, maupun stakeholder lainnya, dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa untuk tercapainya kesejahteraan rakyat.

“Kepala desa harus turun terus ke lapangan, karena kepala desa merupakan ujung tombak yang sangat dekat dengan masyarakat,” tegas Nikson saat menyampaikan amanah usai melantik dan mengambil sumpah jabatan 186 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak 2015 bertempat di Salib Kasih, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Taput, Senin (21/12).

Nikson mengatakan, dengan dilantiknya para kepala desa, tentu merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan.

Namun demikian, lanjut pria bersuara bass itu, selain harus disyukuri, hendaknya jabatan kepala desa dipandang sebagai suatu tantangan yang harus dihadapi serta dilaksanakan sebaik-baiknya, karena pada dasarnya jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan sebagai pemimpin pemerintahan dan kemasyarakatan di desa masing masing.

“Dan di hadapan saudara-saudara telah terbentang tugas yang harus diselesaikan dalam rangka mengemban kepercayaan masyarakat,” ungkapnya.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 10920/2015 tanggal 21 Desember 2015 tentang Penetapan Kepala Desa Terpilih se- Kabupaten Taput tahun 2015.

Pelantikan dirangkaikan dengan proses penandatanganan berita acara dan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan kepada para kepala desa terlantik.

Pantauan BatakToday, setelah dilantik, para kepala desa membacakan pakta integritas, dan dilanjutkan pelantikan Tim PKK kecamatan dan desa se-Kabupaten Taput oleh Ny Satika Nikson Nababan.

Hadir dalam kesempatan itu, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan SKPD serta undangan lainnya. (TN/RTS)

Foto: Para kepala desa saat diambil sumpah jabatan yang dipandu oleh Bupati Taput, Nikson Nababan. (bataktoday/tn)

  • Bagikan