Gagal Bangun Pasar Melanthon, Herowhin Tabur Janji Bangun SOHO

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Direktur Utama Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Jasa (PD-PAUS), Herowhin Sinaga menjamin pengembalian uang muka yang telah disetor sebanyak 254 orang calon pembeli lama kios Pasar Melanthon Siregar. Pengembalian dilakukan jika para calon pembeli kios tidak berniat lagi membeli kios baru di pusat perbelanjaan yang telah dirubah menjadi Small Office Home Office (SOHO).

“Tetapi jika mereka ingin melanjutkan dengan membeli kios yang baru, tentu kita akan melayaninya. Harganya akan dipertimbangkan dengan biaya tambahan dengan adanya desain baru sesuai keinginan investor. Karena itulah, Selasa besok kami akan mengundang 254 calon pembeli kios tersebut untuk berdialog langsung dengan investor di Restoran International,” ujar Herowhin, di lahan pembangunan SOHO, Jalan Melanthon Siregar, Senin (21/12).

Penegasan Herowhin ini diutarakan di depan Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik usai meninjau pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) di lahan seluas 7000 meter persegi di Jalan Manunggal sebagai pengganti RPH Jalan Melanthon Siregar yang dijadikan kawasan bisnis modern.

Di sela-sela peninjauan itu, Pj Wali Kota mengingatkan PD-PAUS segera menuntaskan pembangunan RPH agar gedung lama bisa segera dibongkar. Dengan begitu pusat, perbelanjaan SOHO dapat segera dibangun di Jalan Melanthon Siregar.

Menurut Dirut PD-PAUS, Herowhin Sinaga didampingi para stafnya, RPH tersebut akan rampung awal bulan Februari tahun depan.

“Sebagai kota perdagangan dan jasa, kawasan bisnis modern di Kota Pematang Siantar harus diperbanyak. Agar para turis yang berkunjung ke Parapat dan Danau Toba betah berada di kota ini ketika melintas. Tentunya mereka butuh tempat-tempat perbelanjaan alternatif yang nyaman serta memenuhi kebutuhan mereka. Tapi perlu dipertimbangkan pula agar pasar-pasar tradisional tetap berkembang,” kata Pj Wali Kota.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang perubahan desain pusat perbelanjaan SOHO yang awalnya pasar tradisional berbasis modern, Pj Wali Kota mengatakan bahwa apa pun ceritanya, akselerasi pembangunan perkotaan membutuhkan sentuhan modernisasi.

Soal adanya perubahan desain, hal itu tentu bergantung pada kebutuhan dan perkembangan situasi.

“Saya kira tidak ada masalah soal perubahan desain, yang penting semua pihak memberikan dukungan, termasuk teman-teman media,” katanya.

Saat BatakToday menanyakan keterlibatan Badan Pengawas PD-PAUS dalam perubahan rencana pembangunan dari pasar Melanthon menjadi SOHO, Herowhin terkesan mengelak.

“Saya tidak komentar. Soal Badan Pengawas, tanya Badan Pengawas lah,” jawabnya singkat.

Namun Herowhin memastikan akan mengundang Badan Pengawas pada pertemuan dengan calon investor di Restoran Internasional pada Selasa (22/12) (hari ini, red).  (tg/ rel)

Foto: Pj Wali Kota Jumsadi Damanik didampingi Dirut PD PAUS Herowhin Sinaga saat meninjau lahan ex Rumah Potong Hewan Jalan Melanthon Siregar Pematang Siantar, Senin (21/12). (bataktoday/rel)[youtube width=”100%” height=”300″ src=”Ym-i3i2efCY”][/youtube]

  • Bagikan