JR Saragih Menang di PT TUN Medan

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Calon Bupati Simalungun, JR Saragih,  menang atas gugatan terhadap KPU Kabupaten Simalungun dalam sidang di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan, Rabu (23/12).

Dalam sidang tersebut, majelis hakim yang diketuai Asmin Simanjorang mengabulkan sebagian gugatan yang diajukan oleh calon petahana tersebut.

“Memutuskan dan mengabulkan sebagian gugatan yang diajukan penggugat. Memulihkan kedudukan penggugat dengan tetap mengikutsertakan sebagai peserta di Pilkada Simalungun,” katanya.

Namun, majelis hakim  menolak permohonan JR Saragih untuk mengganti calon wakilnya, yaitu  Amran Sinaga yang terjerat kasus hukum.

Majelis hakim berpendapat, penggantian pasangan calon tidak dapat dilakukan, mengingat bertolak belakang dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Perkara sengketa ini telah kita putus untuk sama-sama dilaksanakan,” jelasnya.

Majelis hakim juga mempersilakan pihak tergugat yaitu KPU Kabupaten Simalungun, untuk melakukan upaya hukum sejak putusan ini dibacakan.

“Apabila kedua belah pihak tidak sepakat, maka dipersilakan mengajukan upaya hukum ke Mahkamah Agung RI,” kata Asmin dalam putusannya.

Mendengar putusan ini,  pendukung JR Saragih sontak bersorak. Mereka senang saat mendengar JR Saragih menang dalam sidang gugatan di PT TUN.

Sementara itu, saat sidang putusan ini digelar, pihak tergugat sempat tidak hadir. Karena kealpaan pihak tergugat, panitera pengganti sempat memanggilnya beberapa kali hingga sidang ini akhirnya diputus.

Sementara JR Saragih didampingi kuasa hukumnya Hinca Panjaitan saat keluar dari ruang sidang terlihat sumringah. Mereka disambut para pendukungnya yang mengikuti proses persidangan. (AFR)

Foto: Penggugat JR Saragih didampingi kuasa hukum Hinca Panjaitan saat mengikuti sidang di PT TUN Medan, Rabu (23/12). (bataktoday/afr)

  • Bagikan