Jumsadi: Tak Usah Berandai-andai Kapan Pilkada Susulan Dilaksanakan

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Pertanyaan kapan pilkada susulan segera digelar di Kota Pematang Siantar, tak mampu dijawab Penjabat Wali Kota Jumsadi Damanik secara tegas, saat Bishop Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Pdt Oloan Pasaribu menyinggung hal itu, ketika pucuk pimpinan GKPI bertandang ke rumah dinasnya, di Jalan MH Sitorus, Selasa (22/12).

Jumsadi menyebutkan bahwa semua proses pilkada saat ini ditangani oleh komisi pemilihan umum (KPU).

“Kita tidak bisa berandai-andai kapan pilkada susulan akan dilaksanakan, karena sifatnya hanya memfasilitasi. Kita tunggu saja kapan KPU mau memutuskannya. Kami juga meminta dukungan dari para pemuka agama dalam rangka mensosialisasikan pentingnya membangun toleransi beragama,” ungkap Jumsadi.

Kedatangan Bishop GKPI Pdt Oloan Pasaribu didampingi Sekjennya, Pdt Rosininta Hutabarat guna menyampaikan selamat bertugas kepada Pj Wali Kota, sekaligus menyampaikan undangan untuk hadir pada acara syukuran Tahun Baru 2016 pada 11 Januari 2016 di rumah dinas Bishop GKPI Jalan MH Sitorus, yang bersebelahan dengan rumah dinas wali kota.

“Kami memahami kehadiran Bapak sebagai Pj Wali Kota di tengah masa-masa sulit akibat tertundanya Pilkada serentak 9 Desember kemarin. Namun kami yakin, Bapak dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi Kota Pematang Siantar ini. Kami selaku pimpinan jemaat GKPI akan sangat mendukung program Pemko Pematang Siantar dalam menjaga kerukunan umat beragama,” ujar Bishop sembari menyerahkan sebuah buku Almanak GKPI 2016.

Bishop menyinggung, kerukunan antar umat beragama yang telah terjalin sejak lama di Kota Pematang Siantar harus terus dipertahankan, sehingga toleransi sesama umat bisa berlangsung dalam suasana damai.

“Apalagi, kota yang multietnik ini baru-baru ini mendapat predikat sebagai salah satu kota paling toleran di Indonesia. Hal ini harus terus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat dalam membangun kehidupan yang harmonis di tengah pluralitas,” ujarnya.

Jumsadi mengapresiasi kehadiran Bishop bersama rombongan, dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi, apalagi Kantor Pusat GKPI berada persis di depan rumah dinas wali kota.

“Hubungan silaturahmi antara pemerintah dan lembaga keumatan harus berjalan sinergis dalam membangun Kota Pematang Siantar yang toleran,” katanya. (rel/tg)

Foto: Bishop GKPI Pdt Oloan Pasaribu saat menyerahkan buku Almanak GKPI 2016 kepada Pj Wali Kota, Jumsadi Damanik. (batakroday/rel)

  • Bagikan