Operasi Lilin Toba 2015 Kedepankan Tindakan Preventif

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti dalam amanat yang dibacakan Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik, menegaskan, Operasi Lilin Toba 2015 merupakan operasi kemanusiaan mengedepankan tindakan preventif yang didukung intelijen berupa deteksi dini, maupun aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Amanat disampaikan Penjabat Wali Kota saat menjadi inspektur upacara pada apel gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2015 Kota Pematang Siantar yang dilaksanakan di Lapangan Haji Adam Malik, Rabu (23/12).

Dalam amanat tersebut diingatkan potensi gangguan keamanan terkait proses pilkada yang mengakibatkan sejumlah daerah dalam kondisi tidak stabil.

Hal ini diakibatkan adanya ketidakpuasan terhadapa hasil pilkada. Polri mencatat, sudah ada 129 pasangan calon yang mendaftarkan gugatan pilkada ke Mahkamah Konstitusi.

Untuk itulah, Kapolri mengingatkan kepada seluruh personel Polri untuk mengoptimalkan peran dan fungsi intelijen guna mendeteksi keadaan, penempatan personel dengan pertimbangan skala ancaman, tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan terhadap aksi terorisme, tingkatkan kegiatan patroli, laksanakan terobosan kreatif yang kondusif, serta menjalin hubungan yang harmonis dengan segenap potensi masyarakat guna mewujudkan situasi yang kondusif.

Disebutkan, Operasi Lilin Toba 2015 akan berlangsung selama 10 hari, dari 24 Desember 2015 sampai 2 Januari 2016.

Dalam pelaksanaanya, Polri telah menyiapkan sebanyak 80.197 personel Polri, 20.681 personel TNI serta 49.670 personel instansi lainnya, seperti Satpol PP, Linmas, Dishub, Pemadam Kebakaran serta Pramuka.

“Mereka akan ditempatkan di berbagai pos yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Kapolri dalam amanatnya.

Pada apel pasukan Operasi Lilin Toba 2015 tersebut, bertindak sebagai komandan upacara, Kasat Sabhara Polresta Pematang Siantar, AKP Peris Gultom.

Apel diikuti berbagai kesatuan kepolisian, militer, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Bankom Polresta, dan Kwarcab Pramuka, serta dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Usai gelar pasukan, Pj Wali Kota bersama unsur Forkopimda meninjau langsung Pos Pelayanan dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2016 yang ada di Lapangan Parkir Pariwisata Jalan Merdeka.

Sedang untuk pos pengamanan ada tiga, yakni di Jalan Sisingamangaraja depan eks Terminal Sukadame, Jalan Sutomo depan Ramayana, dan Jalan Parapat depan Jembatan Timbang Simpang Dua. (AB)

Foto: Pj Wali Kota, Jumsadi Damanik bersama unsur Forkopimda meninjau pos pelayanan dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2016 di Lapangan Parkir Pariwisata Jalan Merdeka, Rabu (23/12). (bataktoday/ab)

  • Bagikan