Pj Wali Kota Siantar Serahkan DIPA 11 SKPD

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Penjabat Wali Kota Pematang Siantar Jumsadi Damanik mengingatkan agar sebelas satuan kerja perangkat daerah (SKPD) penerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2016, untuk sesegera mungkin melaksanakan koordinasi aktif kepada pemerintah atasan atau instansi terkait tentang petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan berbagai kegiatan DIPA tersebut.

Jumsadi menyampaikan hal itu saat membuka Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) di Balai Data Kantor Wali Kota Pematang Siantar Jalan Merdeka, Selasa (22/12).

SKPD penerima DIPA tersebut adalah Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, RSUD dr Djasamen Saragih, Dinas Bina Marga, Dinas Tarukim, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Jumsadi menegaskan, peningkatan disiplin aparatur merupakan hal mutlak yang tak bisa ditawar-tawar. Evaluasi dan perumusan program kerja setiap harinya harus terkoordinasi agar terarah secara sistematis, termasuk di kecamatan dan kelurahan.

“Camat dan lurah merupakan wajah kita yang paling dekat dengan masyarakat. Untuk itu, mari benahi kinerja kita agar wajah kita tidak tercoreng di masyarakat,” pinta Wali Kota.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan penyerahan aset sebagai penyertaan modal daerah kepada PD Horas Jaya. Penyerahan oleh Pj Wali Kota yang disaksikan Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Eliakim Simanjuntak, diterima Direktur Utama, Setia Siagian.

Dalam sambutannya, Eliakim mengingatkan, agar program kegiatan dalam DIPA tersebut benar-benar dilaksanakan sesuai ketentuan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Kepada PD Pasar Horas Jaya yang menerima penyerahan aset Pemko, diminta untuk merencanakan pemanfaatan aset serta mengelolanya seseuai ketentuan.

“Perencanaan harus matang, mau diapakan aset tersebut. Penggunaan anggaran harus dikelola sebaik mungkin agar berdaya guna bagi masyarakat,” katanya.

Rakorbang kali ini, menurut Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Acai Tagor Sijabat, bertujuan untuk optimasi pelaksanaan pembangunan dengan memperkuat koordinasi melalui kegiatan monitoring, pengendalian dan evaluasi program setiap SKPD.

Kepada narasumber pada Rakorbang tersebut, Ahmad Zainuddin, Perencana Muda pada Direktorat Transportasi Bappenas, Pj Wali Kota mengharapkan agar Pemko Pematang Siantar bisa difasilitasi untuk berkomunikasi dengan Kementrian Perhubungan, khusus untuk membahas pembangunan jalur kereta api cepat Pematang Siantar-Bandara Kuala Namu.

“Rencana ini penting, mengingat saat ini jarak tempuh Pematang Siantar-Kuala Namu memakan waktu paling cepat tiga jam. Dengan program itu, tentu waktu tempuh bisa dipangkas sehingga menguntungkan dari aspek ekonomi.” ungkapnya. (rel/tg)

Foto: Pj Wali Kota Jumsadi Damanik serahkan aset sebagai penyertaan modal daerah kepada PD Horas Jaya, diterima Direktur Utama, Setia Siagian. (bataktoday/rel)

  • Bagikan