Randiman: Natal Momentum Refleksi Kehidupan Umat Kristiani

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Penjabat Wali Kota Medan Randiman Tarigan mengajak seluruh warga Kristiani di Kota Medan untuk memanfaatkan perayaan Natal sebagai momentum untuk mereflesikan kehidupan yang sudah dilalui.

“Bagaimana kesiapan kita dalam menyongsong tahun 2016 yang penuh tantangan? Tentunya saat inilah  momen yang tepat untuk kita mempersiapkan diri,” katanya saat menyampaikan sambutan pada Perayaan Natal Oikumene Kota Medan Tahun 2015 di Medan International Convention Centre (MICC) Jalan Gagak Hiitam, Senin (21/12) malam.

Sekitar 7.000 jemaat dari seluruh penjuru Kota Medan hadir untuk mengikuti perayaan Natal yang mengusung tema “Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah”.

Hadir Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis beserta sejumlah pimpinan SKPD, tokoh masyarakat RE Nainggolan, Ketua Sumatera Berdoa JA Fernandus, fungsionaris FKUB Pdt DR Longge Karo Sekali, Ketua BKAG Pdt Tulus Siahaan, Ketua PGI Pdt Martin Manullang,  serta tokoh masyarakat dan tokoh agama Kristiani lainnya.

Randiman mengajak hadirin untuk melakukan refleksi, apa yang sudah dilakukan umat Kristiani sebagai masyarakat Kota Medan maupun sebagai aparatur di lingkungan Pemko Medan.

Konteks terkini, sambung Randiman, Natal juga membangun sikap saling mengasihi, keikhlasan serta mendorong peningkatan iman spiritual dan kedekatan kepada Tuhan. Di samping itu, Natal juga harus dapat membangun dasar-dasar kokoh kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Untuk itulah Randiman berharap, prinsip-prinsip ini menjadi pegangan bagi semua, khususnya segenap umat Kristiani, sehingga terbangun komunikasi dan interaksi yang lebih baik di antara segenap komponen masyarakat.

Melalui Perayaan Natal Oikumene ini, Randiman merasakan spirit yang positif, sinergi dan komunikasi yang baik antara Pemko Medan dengan masyarakat Kristiani di Kota Medan.

Randiman menjelaskan, Perayaan Natal Oikumene merupakan agenda tahunan Pemko Medan, diisi dengan kegiatan sosial yang cukup bermanfaat bagi masyarakat, seperti kegiatan bakti sosial.di panti asuhan.

“Hal ini tentunya menggambarkan tingginya keperdulian dalam meringankan beban sesama,” terangnya.

Selain Natal Oikumene, terang Randiman, Pemko Medan juga menggelar Christmas Season. Tujuan kegiatan ini digelar untuk membawa umat Kristiani merasakan suasana Natal pada Desember 2015. Melalui rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, Randiman berharap dapat meningkatkan kualitas keagamaan umat Kristiani.

“Mari kita lapangkan dada untuk meninggalkan yang kurang baik, merendahkan hati, serta memaafkan segala kekurangan dan kesalahan di tahun 2015, sekaligus berusaha lebih baik untuk memasuki tahun 2016,” pesannya.

Penjabat Wali Kota tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada umat Kristiani khususnya dan masyarakat Kota Medan umumnya yang telah berpartisipasi dalam Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Pilkada berlangsung dengan aman berkat partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga kekondusifan Kota Medan, sebelum dan sesudah pilkada dilaksanakan.

Sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Hanna Lore Simanjuntak selaku ketua panita dalam laporannya mengatakan, beberapa kegiatan telah dilaksanakan sebelum puncak perayaan Natal digelar, diantaranya partisipasi dalam gotongroyong TNI dan masyarakat, dan kunjungan ke tiga panti asuhan.

Puncak Perayaan Natal Oikumene ini diisi dengan ibadah Perayaan Natal yang dilayani oleh Pdt Agustinus Purba STh MA selaku Ketua Umum Moderamen GBKP, paduan suara, drama musikal, serta tarian multi etnis.

Usai ibadah natal, umat Kristiani juga dihibur artis nasional Judika Sihotang, dan Arvindo Simatupang. (AFR)

Foto: Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan didampingi Sekda Kota Medan Syaiful Bahri saat menghadiri Perayaan Natal Oikumene Kota Medan, Senin (21/12). (bataktoday/afr)

  • Bagikan