Sumut Peringkat Ketiga Penyebaran HIV & AIDS‬

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kini memasuki tingkat darurat atau mengkhawatirkan penyebaran HIV & AIDS. Sebab, data dari Dinas Kesehatan Sumut tahun 2013 menyatakan, sebanyak 8.000 pasien terjangkit virus HIV & AIDS. Provinsi ini menduduki peringkat ketiga penyebaran virus HIV & AIDS di Indonesia, dengan angka 40 persen.

Hal itu ditegaskan Ketua DPD KNPI Provinsi Sumut, Sugiat Santoso saat membuka Seminar ‘Save Pemuda Sumut dari HIV & AIDS’, di Wisma Pariwisata USU Medan, Selasa (22/12).

“Ada sekitar 7.500 pasien terjangkit HIV dan 500 pasien terjangkit AIDS. Ini penyebarannya sangat cepat dan tidak boleh kita anggap remeh,” katanya.

Seminar dengan narasumber dr Tambar Kembaren dan dr Richard Hutapea ini dihadiri pengurus DPD KNPI Provinsi Sumut, dan kalangan mahasiswa serta pelajar di Kota Medan.

Sugiat menambahkan, hasil survei tahun 2013 menyebutkan, sekitar 75 persen para pelajar di Kota Medan dinyatakan tidak perawan. ‪

“Kita melihat di sini ada adopsi budaya yang merusak kalangan pemuda di Sumatera Utara. Penyebaran HIV & AIDS ini akan terus meningkat di kalangan pemuda,” jelasnya.

DPD KNPI Provinsi Sumut akan mengambil langkah- langkah untuk melakukan sosialiasi bahaya HIV & AIDS kepada kaum pemuda yang ada di provinsi ini.

‪Mulai Januari 2016, DPD KNPI Provinsi Sumut akan mengaktifkan lembaga kesehatan pemuda, untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya virus tersebut.

Selain itu, DPD KNPI Provinsi Sumut juga telah melakukan pertemuan dengan Dinas Kesehatan Langkat dan Pj Wali Kota Medan. Dalam pertemuan tersebut, kedua institusi tersebut siap memfasilitasi sosialiasi tentang bahaya HIV & AIDS di daerah masing-masing.

‪”Kita juga akan melakukan MoU dengan Dinas Kesehatan Sumut. Ini merupakan momentum awal bagi kita. Kegiatan ini akan terus kita lakukan, untuk mengurangi penyebaran virus HIV & AIDS di Sumut,” katanya.

‪Ketua panitia, Ola Sitorus didampingi sekretaris, Sabar Ahmad mengatakan, seminar ini bertujuan untuk mensosialisasikan bahaya HIV & AIDS di Provinsi Sumut, terutama mengingat provinsi ini menduduki peringkat ketiga penyebaran virus HIV & AIDS, dengan angka 40 persen. (AFR)

Foto: Ketua DPD KNPI Sumut, Sugiat Santoso saat membuka Seminar ‘Save Pemuda Sumut dari HIV & AIDS’, di Wisma Pariwisata USU Medan, Selasa (22/12). (bataktoday/afr)

  • Bagikan