Herowhin Klaim Siantar City Mall Serap Tiga Ribu Pekerja

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD)Pembangunan dan Aneka Usaha (PD-PAUS), Herowhin TF Sinaga MSi menyebut bahwa keberadaan Siantar City Mall yang akan dibangun di lahan yang awalnya menjadi Pasar Melanthon, diperkirakan menelan investasi Rp 300 miliar dan menyerap sedikitnya 3.000 orang tenaga kerja.

Hal itu disampaikannya pada Launching & Gathering Siantar City Mall di Restoran International, Selasa (22/12) malam.

“Sebagai perusahaan yang baru berdiri, kami tentu harus didukung komitmen berbagai pihak serta diberi peluang untuk berkembang. Selain itu, kami juga membutuhkan suasana yang kondusif demi kenyamanan investasi,” paparnya di depan para hadirin yang didominasi para calon pembeli.

Herowhin mengakui, konsep semula Pasar Melanthon sempat tertunda akibat masalah pembiayaan. Hal ini terjadi, karena para calon pembeli tak segera melunasi cicilannya.

Penjabat Wali Kota, Jumsadi Damanik dalam sambutannya menyebutkan, posisi Kota Pematang Siantar yang strategis dan menjadi perlintasan destinasi Danau Toba dan Berastagi harus dijadikan peluang dalam rangka mengembangkan bisnis.

Kota berhawa sejuk ini, kata Jumsadi, harus bisa mencontoh Kota Yogyakarta, yang menjadi transit wisatawan yang hendak ke kota-kota di Jawa Tengah.

“Mereka bermalam, berbelanja, menikmati kuliner, hiburan rakyat, pagelaran budaya dan sebagainya di Yogyakarta, padahal destinasi wisatanya ada di sekitarnya. Siantar sangat berpeluang secara ekonomis menjadi kawasan mirip Yogyakarta, karena lokasinya jauh dari Kota Medan. Karena itu, kehadiran Siantar City Mall sebagai kawasan bisnis modern sangat berpeluang ekonomis dalam pengembangan kota,” ujar Jumsadi.

Jumsadi mengingatkan, hadirnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun yang investasinya triliunan rupiah serta pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara tentu peluang besar bagi Kota Pematang Siantar.

“Jika potensi ini tak dilirik dan dikelola dengan baik, kita hanya akan jadi penonton di rumah kita sendiri,” tandasnya.

Anggota DPRD Kota Pematang Siantar, Henry Dunan Sinaga mengapresiasi langkah PD-PAUS untuk membangun kawasan bisnis Siantar City Mall, hanya saja dia meminta tetap mempertimbangkan aspek tradisionalnya.

“Soal ada dinamika di masyarakat, itu hal biasa, untuk semakin memacu kinerja PD PAUS merealisasikan programnya. Sepanjang sinergitas eksekutif dan legislatif bisa dibangun tentu pembangunan kota bisa mudah dilakukan,” ujarnya. (rel/tg)

Foto: Pj Wali Kota Jumsadi Damanik dan sejumlah tamu undangan pada Launching & Gathering Siantar City Mall di Restoran International, Selasa (22/12) malam. (bataktoday/rel).

  • Bagikan