Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu Gelar Seminar Pendidikan

  • Bagikan

Rantauprapat, BatakToday-

Universitas Al-Washliyah (Univa) Labuhanbatu menggelar seminar pendidikan dengan tema, Penulisan Karya Ilmiah/Skripsi dan metode Mengajar Bahasa Inggris, di gedung Kampus Univa Labuhanbatu, Jalan Sempurna No 21 Rantauprapat, Rabu (23/12).

Hadir dalam acara, Rektor Univa Labuhanbatu, H Bukhari Is, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Ruwaidah, Ketua Prodi Bahasa Inggris, Rika Syahmewah, Kasubbag FKIP, Jupriaman, dan ratusan mahasiswa jurusan  Pendidikan Bahasa Inggris Univa Labuhanbatu.

Rektor Univa, H Bukhari Is, dalam arahan saat membuka kegiatan mengatakan, seminar pendidikan Bahasa Inggris diadakan agar mahasiswa dapat menulis skripsi semakin bagus, dan menjadikan tenaga pengajar yang profesional jika kelak tamat dan menjadi seorang guru.

“Seminar ini merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa dan sederajat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” jelasnya.

Lebih jauh Bukhari menyebut, kegiatan seminar juga dapat berperan sebagai sarana pengembangan life skills pelajar dan mahasiswa, sesuai dengan motto dan misi Univa Labuhanbatu, yakni membina pengembangan pendidikan tinggi yang berpola ilmiah, inovatif, imtaq, dan adaptif.

Bukhari berharap, seminar dapat mendorong pengembangan penelitian ilmiah dan terapan sesuai perkembangan iptek, membina pengembangan kepada masyarakat yang berpengamalan Islami, dan membina pengembangan kerja sama dengan pengguna lulusan dengan konsisten dan kontiniu.

Pembicara Prof Dr Sri Minda Murni yang juga Sekretaris Pascasarjana Linguistik Terapan Bahasa Inggris Universitas Negeri Medan mengatakan, dalam belajar mengajar sebagai guru dikenal metode 5 M, yakni mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan menyajikan informasi yang akan diajarkan seorang guru.

Menurut Sri, pada metode pembelajaran yang koperatif atau dikenal dengan belajar koperatif ada dua tahapan, yakni positif inter indenpenden, dan individual kompiliditi.

Sedangkan dalam penulisan dalam belajar-mengajar dikenal dengan jurnal reflektif, ada tiga macam, yakni deskripsi pembelajaran hari ini, evaluasi belajar, dan merencanakan perbaikan ke depan.

Pembicara ke dua, Dr Rahmad Husein MEd, merupakan Ketua Pascasarjana Linguistik Terapan Bahasa Inggris Universitas Negeri Medan mengatakan, pada metode pengajaran Bahasa Inggris dikenal dengan teaching-
learning
ada enam metode, yakni method, approach, strategy, technique, tactic dan model.

Dengan metode ini, mahasiswa dapat mengajarkan pelajaran Bahasa Inggris kepada muridnya jika kelak telah menjadi seorang guru. (AS)

Foto: Kegiatan seminar pendidikan dengan tema, Penulisan Karya Ilmiah/Skripsi dan metode Mengajar Bahasa Inggris, di gedung Kampus Univa Labuhanbatu, Jalan Sempurna No 21, Rantauprapat, Rabu (23/12).(bataktoday/as)

  • Bagikan