Pemandian Air Soda Tarutung, Satu-Satunya di Asia

  • Bagikan

Tapanuli Utara, Bataktoday-

Hanya ada dua pemandian air soda di dunia ini, yakni Pemandian Air Soda Tarutung, satu-satunya di Asia, dan di Venezuela.

Pemandian Air Soda Tarutung yang terletak di Desa Parbubu I Kecamatan Tarutung, hanya satu kilometer dari pusat Kota Tarutung, sepanjang tahun ramai dikunjungi wisatawan lokal, domestik dan mancanegara.

Pantauan BatakToday, kunjungan wisatawan ke Pemandian Air Soda Tarutung meningkat tajam pada liburan Natal 2015, didominasi pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke Salib Kasih Bukit Siatas Barita.

Junaidi (29) warga Pekanbaru yang pulang kampung untuk merayakan Natal bersama keluarganya, menyempatkan diri mengunjungi Pemandian Air Soda tersebut.

“Kami jauh sebelumnya memprogramkan untuk pulang ke kampung halaman istri saya, untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga disini. Selain bersilahturahmi kepada sanak saudara, kita juga dapat berwisata,” ungkapnya.

Pria yang bekerja di salah satu perusahaan di Pekanbaru ini menambahkan, selain bersilaturahmi, dia dan keluarganya juga bisa menikmati keindahan alam bumi Tapanuli Utara yang sangat menakjubkan ini.

“Kita tidak perlu jauh-jauh ke Venezuela untuk melihat dan merasakan air soda, di Tapanuli Utara kan ada, dan ini merupakan keajaiban dunia,” terangnya.

Hal senada diutarakan Permadi (37) warga Tarutung yang merantau ke Kalimantan. Dia pulang kampung membawa keluarganya sambil menikmati alam Tapanuli Utara yang menurutnya sangat indah dan sejuk.

Permadi menyebutkan, Pemandian Air Soda adalah kawasan wisata sekaligusi tempat melakukan terapi pijat refleksi yang baik.

“Selain tempat refleksi, air soda dapat menyembuhkan penyakit kulit serta penyakit penyakit lainnya yang biasa dialami masyarakat,” imbuhnya.

Terpisah, Ridwan Lumbantobing, Kepala Desa Parbubu I Kecamatan Tarutung, Minggu (28/12) kepada BatakToday mengatakan, Pemandian Air Soda yang tepatnya terletak pada Dusun Aek Siansimun Desa Parbubu I ini, ramai dikunjungi wisatawan pada musim liburan, terutama setelah pemandian dikemas mirip kolam renang.

“Air soda ini ada bedanya dengan pemandian kolam renang lain. Airnya terasa hangat, sehingga pengunjung tahan mandi ber jam-jam,” terangnya.

Ridwan menjelaskan, pemandian air soda ini sudah dikelola sejak tahun 1976 oleh Minar Sihite (Op. Ridoi Tobing/br Sihite). Pada tahun 1989 pemandian ini sempat ditimpa bencana longsor, namun segera diperbaiki sendiri oleh Minar Sihite, dan kembali berfungsi hingga saat ini.

“Air Soda merupakan keajaiban alam di Tanah Batak. Semoga Pemerintah Daerah, Provinsi bahkan Pusat dapat mempublikasikan objek wisata ini ke negara tetangga, sehingga mereka tahu, dan berkunjung,” harapnya. (TN)

Foto: Para Pengunjung asyik berenang pada Pemandian Air Soda, Dusun Aek Siansimun Desa Parbubu I Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu (27/12). (bataktoday/tn)

  • Bagikan