Randiman Apresiasi Kesiapan Pospam Natal & Tahun Baru

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Penjabat Wali Kota Medan, Randiman Tarigan memantau titik pos pengamanan (pospam) di wilayah hukum Polresta Medan, Senin (28/12) dalam rangka pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru. Peninjauan ini dilakukan untuk memotivasi seluruh petugas agar tetap semangat dalam menjalankan tugas sehingga Kota Medan tetap aman dan kondusif.

Randiman bersama Kapolresta Medan, Kombes Pol H Mardiaz Kusin Dwihananto, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Maulana Ridwan, perwakilan Kajari Medan, Asisten Kesejahteraan Masyarakat Erwin Lubis, Asisten Pemerintahan Musadat Nasution, Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat, Kadis Bina Marga Khairul Syahnan, Kasatpol PP M Sofian, serta sejumlah pimpinan SKPD lainnya.

Tiga titik pospam yang ditinjau yakni Pospam Jalan Stasiun persis di depan Stasiun Kereta Api, Pospam Medan Mall Jalan MT Haryono, dan Pospam Thamrin Plaza Jalan Thamrin Medan.

Dalam peninjauan, Randiman memberikan bingkisan Natal beserta uang tali asih kepada para petugas yang berjaga.

Randiman mengatakan, pemberian bingkisan Natal dan uang tali asih itu sebagai bentuk apresiasi Pemko Medan kepada para petugas personil gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan Kota Medan, PMI serta Pramuka, yang tanpa kenal lelah terus memberikan pengamanan kepada masyarakat selama 24 jam penuh.

“Peninjauan ini kita lakukan untuk  melihat sejauh mana persiapan seluruh personil di masing-masing pospam. Kita ingin memberikan support  sehingga mereka tetap semangat dalam menjalankan tugas, terutama memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan Hari Natal dan menyambut Tahun Baru 2016,” kata Randiman.

Kepada petugas dari dinas Kesehatan, Randiman berpesan agar memberikan pelayanan  terbaik kepada masyarakat yang membutuhkannya.  Konsentrasi pergerakan masyarakat semakin tinggi jelang detik-detik malam pergantian tahun, dan sangat rentan terjadinya kecelakaan  maupun terjadinya masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, Randiman berpesan agar petugas kesehatan siap dan siaga penuh untuk memberikan pertolongan pertama.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang hasil peninjauan, Randiman mengungkapkan keyakinannya bahwa para petugas benar-benar siap melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, berdasarkan peninjauan yang kita lakukan, seluruh petugas yang bertugas di pospam siap untuk memberikan pelayanan keamanan kepada masyarakat. Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat, apabila menemukan atau melihat hal-hal mencurigakan, segera laporkan kepada petugas di pospam, guna dilakukan langkah-langkah antisipasi,” ungkapnya.

Kapolresta Medan, Kombes Pol H Mardiaz Kusin Dwihananto menerangkan, Polresta Medan menurunkan 1.505 personil untuk memberikan pengamanan di 12 pospam di wilayah hukum Polresta Medan, serta sejumlah tempat lainnya seperti gereja, mal, lokasi wisata, serta jalur yang diperkirakan terjadi peningkatan arus lalu lintas.

Dalam melaksanakan pengamanan tersebut, Kapolresta mengaku pihaknya dibantu aparat satuan samping seperti Kodim 0201/BS, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta pramuka. Pengamanan berlangsung selama 10 hari, mulai 22 Desember 2015 sampai 2 Januari 2016.

Kapolresta mengatakan, sejauh ini kondisi Kota Medan aman dan kondusif.

“Alhamdulillah, sepanjang pengamatan kami, kondisi Kota Medan aman, tidak ada kejadian-kejadian menonjol maupun ancaman teror serta kecelakaan yang menonjol. Dengan demikian kita bisa mengevaluasi bahwa pelaksanaan Hari Natal dan Tahun Baru di Kota Medan ini aman dan kondusif,” jelas Kapolresta.

Meski demikian, Kapolresta  tetap mengingatkan warga yang meninggalkan rumah untuk merayakan Hari Natal dan Tahun 2016 di kampung halaman, agar meninggalkan rumah dalam kondisi aman dan terkunci, serta tidak lupa menitipkan kepada tetangga. Bagi warga yang hendak bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor, agar mempersiapkan kendaraannya dengan baik  dan tidak ugal-ugalan di jalan raya.

“Yang lebih penting lagi  bagi warga yang melakukan perjalanan jauh, apabila butuh istirahat, maka beristirahatlah di tempat-tempat peristirahatan yang telah disediakan aparat kepolisian maupun pihak lainnya,” pesan Kapolresta. (AFR)

Foto: Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan saat melakukan peninjauan di salah satu pos pengamanan dalam rangka Hari Raya Natal dan Tahun Baru. (bataktoday/afr)

  • Bagikan