Elly Tjan: BI Corner Memacu Minat Baca Masyarakat Siantar

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday–

Selama ini pemahaman publik terhadap Bank Indonesia (BI) terbatas hanya sebagai pengendali kestabilan harga (inflasi) atau tempat menukar uang semata. Padahal lebih dari itu BI merupakan lembaga bank sentral, yang lebih menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi. Sayangnya, hal ini belum banyak diketahui oleh masyarakat dengan baik.

Hal itu diungkapkan Kepala Perwakilan bank Indonesia (BI) Pematang Siantar, Elly Tjan, pada acara penyerahan BI Corner di Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemko Pematang Siantar, Senin (28/12).

Untuk itulah, menurut Elly Tjan, pihaknya gencar mensosialisasikan beragam kegiatan dan program BI melalui media maupun lembaga-lembaga pendidikan dan perpustakaan milik pemerintah daerah.

“Tujuannya agar masyarakat lebih mengenal peran BI yang juga turut dalam pemberdayaan sektor rill guna memperkuat kapasitas produksi pangan untuk mendorong tercapainya stabilitas harga pangan,” katanya.

Kantor Perwakilan Pematang Siantar telah memfasilitasi pembangunan dua unit BI Corner di Kota Pematang Siantar, satu di Perpustakaan Daerah dan satu lainnya di FKIP Universitas HKBP Nommensen Jalan Sang Naualuh.

Melalui BI Corner yang dikemas dalam bentuk perpustakaan mini yang dilengkapi dengan buku-buku, televisi, komputer, rak buku, dan sofa baca, pembaca diharapkan dapat memperoleh lebih banyak sumber informasi ekonomi yang berkualitas.

“Program sosial BI Corner ini diharapkan dapat memacu minat baca masyarakat kita,” ujar Elly.

Penjabat Wali Kota Jumsadi Damanik usai peresmian BI Corner yang ditandai dengan pengguntingan pita yang turut dihadiri Dekan FKIP Universitas HKBP Nommensen, Binur Panjaitan, sangat mengapresiasi program sosial BI Corner yang turut membangun perpustakaan sebagai wadah pengembangan wawasan.

“Membaca merupakan salah satu cara membangun cakrawala berfikir yang harus terus kita galakkan, apalagi di tengah kian menurunnya prosentase minat baca masyarakat akhir-akhir ini,” katanya.

Kedepan, menurut Jumsadi, pengembangan program berbasis edukasi yang dicanangkan pihak BI harus semakin diperbanyak. Partisipasi stakeholder di setiap BI Corner harus dapat berjalan optimal seiring dengan program perpustakaan yang ada.

“Fasilitas yang ada di BI Corner harus dirawat dan ditambah koleksinya secara berkelanjutan melalui hubungan kemitraan pihak BI dengan penerima bantuan,” tandas Jumsadi. (rel)

Foto: Penjabat Wali Kota, Jumsadi Damanik melakukan pengguntingan pita pada peresmian BI Corner di Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemko Pematang Siantar, Senin (28/12). (bataktoday/rel)

  • Bagikan