Kapolres Siantar: Polisi Butuh Dukungan Satpam

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Beratnya tugas yang harus diemban, kepolisian menyadari tidak dapat bekerja sendiri. Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi keamanan termasuk satuan pengamanan (Satpam), sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

Dalam pelaksanaannya, Satpam diharapkan dapat memberikan kontribusi positif guna mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas. Dukungan tersebut telah ditunjukkan dengan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya, meliputi pengamanan fisik personal, informasi, dan pengamanan teknis lainnya.

Hal tersebut ditegaskan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti dalam amanatnya yang dibacakan Kapolresta Pematang Siantar, AKBP Dodi Darjanto selaku Inspektur Upacara pada Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-35, yang digelar di Lapangan Merdeka, Pematang Siantar, Rabu (30/12).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Penjabat Wali Kota, Jumsadi Damanik, Kepala Kejaksaan Negeri Pematang Siantar M Masril, Komandan Rindam I/BB diwakili Letkol Joko Suparyanto, para pejabat maupun perwira di jajaran Polresta Pematang Siantar, tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta perwakilan pengusaha dan instansi swasta.

Usai membacakan sambutan Kapolri, Kapolres juga menyampaikan arahan serta informasi, bahwa saat ini telah ada 168 unit rumah aman (safe house) yang tersebar di 8 kecamatan dan 53 kelurahan di Kota Pematang Siantar.

“Keberadaan safe house ini diharapkan menjadi perpanjangan tangan Polri untuk bisa lebih cepat menginformasikan adanya tindak kriminal yang dialami masyarakat kepada petugas polisi,” ujarnya.

Safe house menggunakan rumah warga sebagai “pos informasi” polisi, dimana para pemilik rumah telah dibekali tata cara melaporkan kejadian secara cepat ke polisi.

“Dengan adanya partisipasi masyarakat untuk membantu melapor ke polisi, terjadinya tindak kejahatan yang dialami masyarakat segera dapat ditangani,” kata Dodi.

Pada kegiatan yang mengambil tema: “Kita tingkatkan kompetensi profesi Satpam Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean” ini diserahkan pula penghargaan kepada tiga perusahaan pengguna satpam selaku pemenang sejumlah perlombaan, yakni satpam PT STTC, PT Bumi Sari Prima, dan PDAM Tirtauli. (rel).

Foto: Foto bersama Kapolresta Pematang Siantar dengan para Satpam di Lapangan Merdeka Pematang Siantar, Rabu (30/12). (bataktoday/rel)

  • Bagikan