Pengelolaan Taman Bunga Siantar Beralih ke Dinas Tarukim

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Lapangan Merdeka atau Taman Bunga milik Pemko Pematang Siantar yang selama ini dikelola Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), mulai Januari 2016 akan dialihkan kepada Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarukim).

Menyusul pengalihan tersebut, Pj Wali Kota Jumsadi Damanik meminta Dinas Tarukim segera melakukan penataan serta perbaikan sejumlah sarana dan prasarana yang telah rusak maupun tidak terawat selama ini.

Guna melihat rencana penataan tersebut, Jumsadi didampingi sejumlah pejabat Pemko setempat meninjau Taman Bunga, Rabu (30/12).

Menurut Jumsadi, Taman Bunga sebagai ruang terbuka hijau harus dikelola secara tepat agar memberikan manfaat bagi semua pihak.

“Jangan ada lagi pembiaran yang membuat suasana taman ini menjadi semrawut dan tidak terawat. Semuanya harus ditata dengan perencanaan yang baik, profesional, sehingga tampak bersih dan menyejukkan bagi semua warga yang datang ke taman ini,” ujarnya.

Sembari berkeliling taman, Jumsadi memberikan berbagai arahan yang harus segera dikerjakan Dinas Tarukim kerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), untuk membangun sejumlah fasilitas publik di areal taman.

Jalan-jalan setapak dalam taman yang selama ini tak tertata diminta untuk direnovasi dan dilebarkan. Pepohonan yang rimbun dan terlihat semak juga diminta untuk dipangkas. Bebatuan yang berserakan di tengah taman juga diminta untuk disingkirkan.

Fasilitas publik lainnya, seperti mushola, kamar mandi, tempat-tempat duduk, sarana olahraga serta kantor pengelola sekaligus ruang informasi juga diminta segera dibenahi. Para pedagang yang selama ini menggelar tikar maupun kursi di lokasi taman diharapkan memiliki pengertian untuk menjaga kebersihan dan keasrian taman.

“Penataan taman ini demi kepentingan kita bersama. Karena itu mari kita tata, kita rawat dan kita nikmati bersama,” kata Jumsadi. (rel)

Foto: Pj Wali Kota Jumsadi Damanik bersama para pejabat Pemko saat meninjau Taman Bunga, Rabu (30/12). (bataktoday/rel)

  • Bagikan