Jumsadi: Hidupkan Becak & Sado untuk Majukan Pariwisata Siantar

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Potensi Taman Hewan Siantar yang menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Pematang Siantar harus diimbangi dengan penataan kota yang memberikan kenyamanan kepada semua pihak. Di sisi lain, keberadaan Taman Hewan Siantar juga harus memberikan dampak positif terhadap pergerakan ekonomi masyarakat dengan mendongkrak sektor-sektor lainnya.

Hal tersebut terungkap dalam diskusi pada pertemuan Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik dengan pengelola Taman Hewan Siantar, Rahmat Shah didampingi manajer Taman Hewan, Nanda Suhaida, di mess Taman Hewan Siantar, Jalan MH Sitorus, Selasa (5/1).

Jumsadi dan Rahmat Shah sepakat, harus ada perencanaan yang matang untuk meningkatkan sektor pariwisata dengan memberdayakan serta mengembangkan potensi yang ada dengan dukungan ketersediaan transportasi alternatif.

Misalnya, bagaimana keberadaan becak bermotor khas Kota Pematang Siantar atau Becak Siantar dengan mesin BSA-nya dapat mendukung sektor pariwisata, apalagi ditambah dengan menghidupkan kembali sado yang di masa lalu juga menjadi ciri khas kota ini.

Keterbatasan lahan parkir kendaraan pengunjung juga menjadi topik masalah yang dibicarakan, mengingat banyak pengunjung yang selama ini kebingungan untuk memarkirkan kendaraannya, karena terbatasnya lahan parkir yang tersedia di sekitar Taman Hewan.

Demi kenyamanan pengunjung serta pengguna jalan, Jumsadi menawarkan agar pihak pengelola Taman Hewan Siantar membangun lokasi parkir bertingkat di Jalan MH Sitorus, yakni di lokasi area bermain.

“Kami dari Pemko Pematang Siantar akan membantu memfasilitasi dari segi perizinan maupun rancangan teknisnya jika dibutuhkan. Kalau bisa, secepatnya areal parkir tersebut dibangun agar persoalan parkir selama ini jadi masalah bisa teratasi,” ujar Pj Wali Kota.

Rahmat Shah menyambut baik usulan Jumsadi. Bahkan pihaknya kini tengah berencana mengembangkan Taman Hewan Siantar dengan menambah koleksi serta fasilitas lainnya yang lebih bagus dan modern.

“Kita akan bangun kolam renang yang lebih bagus di lokasi taman hewan, gedung pertemuan tertutup yang bisa berfungsi sebagai bioskop. Selain itu kita juga telah merencanakan membangun kandang-kandang hewan yang lebih natural tetapi bisa dijangkau anak-anak, sehingga mereka bisa banyak belajar tentang dunia fauna secara langsung,” beber Rahmat.

Menurut Rahmat Shah, keberadaan Taman Hewan Siantar harus didukung dengan infrastruktur maupun fasilitas perkotaan yang memadai, antara lain terminal bus terpadu yang terintegrasi dengan pusat kota, pusat perbelanjaan modern, akses internet, akomodasi perhotelan, souvenir, kuliner, dan penataan taman-taman kota.

“Artinya, kita harus memberikan kenyamanan serta kemudahan-kemudahan kepada pengunjung, karena target kita juga adalah mendatangkan turis manca negara, bukan hanya wisatawan lokal semata,” ungkap Rahmat. (rel)

Foto: Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik bersama pengelola Taman Hewan Siantar, Rahmat Shah didampingi manajer Taman Hewan Nanda Suhaida, di mess Taman Hewan Siantar, Jalan MH Sitorus, Selasa (5/1)

  • Bagikan