Kepala Bappeda Pakpak Bharat Ditahan

  • Bagikan

Pakpak Bharat, BatakToday-

Mantan  Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum yang juga Kepala Bappeda Pakpak Bharat aktif berinisial Ir MS, tersangka kasus dugaan korupsi  kegiatan pembangunan sarana air bersih tahun 2013, ditahan Satuan Reserse dan Kriminal Polres Pakpak Bharat di Salak, Selasa (5/1).

Kasat Reskrim Polres Pakpak Bharat, AKP Dedi Kurniawan menerangkan, Ir MS menjalani pemeriksaan sebagai tersangka sejak Senin (4/1). Karena menurut penyidik telah menemukan bukti permulaan yang cukup, oknum pejabat Pemkab Pakpak Bharat tersebut kemudian ditahan pada Selasa (5/1)..

Dedi menjelaskan, Ir MS selaku pejabat pembuat komitmen kegiatan pembangunan sarana air bersih tahun 2013 berbiaya Rp 932 juta yang diduga fiktif. Selain Ir MS, penahanan juga dilakukan terhadap BS, sebagai pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) pada kegiatan yang sama.

Sementara itu, dua tersangka lainnya, DR selaku pembuat laporan pertanggungjawaban dan DK sebagai ketua tim yang juga merupakan Sekretaris Dinas PU, sejauh ini belum ditahan dan penyidik masih harus menggali keterangan lain.

“Pastinya, DR selaku pembuat laporan pertanggungjawaban dan ketua tim berinisial DK yang juga Sekretaris Dinas PU akan ditahan,” katanya.

Sementara, kemana aliran uang proyek fiktif itu, penyidik masih tahap penelusuran.

“Praktik pencucian uang berpeluang ditelusuri dengan meminta bantuan PPATK. Tinggal menunggu waktu. Sedangkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai acuan sudah diterima,” tandasnya.

Sejauh ini polisi telah menyita beberapa barang bukti termasuk dokumen kontrak dan bon faktur belanja barang.

Diduga, bon pembelian memakai file bodong dan tanda tangan palsu. Hal itu dikuatkan hasil pemeriksaan terhadap beberapa pemilik toko yang menerangkan tidak pernah menjual barang yang tercantum dalam bon faktur. (ss)

Foto: Penyidik Satuan Reskrim Polres Pakpak Bharat memeriksa DR, seorang tersangka proyek pembangunan air bersih yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum tahun 2013. (bataktoday/ss)

  • Bagikan