Sumut Konsumsi 122 Kiloliter Pertalite Per Hari

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengkonsumsi jenis bahan bakar minyak (BBM) Pertalite sebanyak 122 Kiloliter (Kl) per hari sejak diluncurkan pada September 2015 lalu, meningkat tajam dari konsumsi pada awal peluncuran yang hanya 43 Kl.

Demikian diungkapkan Area Manager Communication and Relations PT Pertamina Sumbagut, Fitri Erika kepada wartawan, Selasa (5/1).

Menurutnya, outlet atau pun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang menyediakan pertalite sudah mencapai 50 persen. Pada peluncuran awal hanya 28 oulet, saat ini sudah meningkat menjadi 140 outlet di Provinsi Sumut.

“Jadi peningkatannya lumayan banyak. Dari 43 Kl menjadi 122 Kl per harinya. Peningkatannya mencapai tiga kali lipat,” ujarnya.

Erika merinci, dari 90 SPBU yang ada di Kota Medan, kini 40-an SPBU sudah menyediakan Pertalite. Sedangkan sisanya dalam proses persiapan.

“Lebihnya masih dalam proses. Dalam waktu dekat akan bertambah. Kita inginkan 100 persen outlet menyediakan Pertalite. Tapi tidak bisa serta, karena SPBU harus menyiapkan infrastruktur, tangki harus ditambah. Tapi setiap bulannya kita ingin harus ada peningkatan,” ungkapnya.

Selain Pertalite, penggunaan BBM jenis Pertamax juga mengalami peningkatan hingga 20 persen.

“Pertamax juga meningkat. Awalnya hanya 100 Kl per hari. Dan kini pengeluaran sudah mencapai 128 Kl. Artinya konsumsi masyarakat terhadap bahan bakar memang mengalami peningkatan,” katanya.

Hingga saat ini, pihaknya fokus untuk menyiapkan kapasitas armada di SPBU. Saat ini ketersedian stok di Provinsi Sumut dilayani lima terminal BBM, yakni di Belawan, Pematang Siantar, Kisaran, Sibolga dan Gunung Sitoli. (AFR)

Foto: Ilustrasi

  • Bagikan