Belum Gajian, Ribuan PNS Tebingtinggi Lesu Kerja

  • Bagikan

Tebingtinggi, BatakToday-

Tak kurang dari 3.500 PNS di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi sejauh ini belum menerima gaji. Akibatnya, para PNS yang berada di sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mengalami lesu kerja.

Di sisi lain, kebutuhan rumah tangga tidak dapat ditunda, apalagi untuk keperluan anak sekolah.

Menurut seorang Kepala Sub Bagian di Sekretariat Pemko Tebingtinggi yang meminta identitasnya tidak diungkap, keterlambatan pembayaran gaji PNS karena perangkat peraturannya belum selesai dibuat.

“Semestinya perlu ada peraturan, setidaknya peraturan wali kota. Katanya itu yang belum ada, namanya peraturan pembiayaan mendesak,” terangnya kepada batakToday, Rabu (6/1)..

Namun ia juga menjelaskan, keterlambatan pembayaran gaji seperti ini berlangsung hampir setiap tahun. Bahkan pernah sampai pertengahan bulan baru dibayarkan.

Sumber BatakToday lainnya menginformasikan, pembayaran tunjangan kinerja PNS salah satu SKPD belum dibayarkan selama dua bulan. PNS di SKPD tersebut tidak mendapatkan kepastian kapan dana kinerja mereka dibayarkan.

Sekdako Tebingtinggi, Johan Samose Harahap saat dikonfimasi mengaku belum mengetahui hal itu, dan kemudian mengkonfirmasi kebenaran belum dibayarnya gaji PNS ke Kabag Keuangan.

Selanjutnya Johan menjelaskan, keterlambatan hanya karena persoalan administrasi.

“Semua sudah selesai tidak masalah. Hanya bendahara di SKPD yang belum mengirimkan permintaan pembayaran ke Bagian Keuangan. Yang lain sudah selesai,” terang Johan, Rabu (6/1),

Johan menegaskan, pembayaran gaji PNS Pemko Tebingtinggi segera bisa diambil. Sedangkan soal instansi yang belum membayar tunjangan kinerja, Johan mengelak mengomentari. (iss)

Foto: Ilustrasi. (triyogaadiperdana.wordpress.com)

  • Bagikan