Tolak PHK, SBSI Siantar Demo Restoran YY

  • Bagikan

Pematang Siantar,BatakToday

DPC SBSI Kota Pematang Siantar bersama 13 karyawan Restoran YY yang diberhentikan (PHK), menggelar unjukrasa di depan restoran Jalan DI Panjaitan, Rabu (7/1) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam orasinya,aktivis SBSI Fransiskus Silalahi menolak PHK sepihak terhadap 13 orang karyawan restoran Chinese Food itu, dan meminta pengusaha segera mempekerjakan kembali tanpa syarat.

Para karyawan Restoran YY yang di PHK secara sepihak oleh majikannya. (bataktoday/at)
Para karyawan Restoran YY yang di PHK secara sepihak oleh majikannya. (bataktoday/at)

Fransiskus juga menuntut pengusaha Restoran YY untuk memperlakukan karyawannya sesuai peraturan yang berlaku, antara lain agar upah disesuaikan dengan Upah Minimum Kota (UMK) Pematangsiantar tahun 2016 sebesar Rp1.800.000, didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, serta jam kerja sesuai UU Nomor 13 Tahun 2003.

Fransiskus mengingatkan Disnaker kota Pematang Siantar agar lebih aktif dalam mengawasi seluruh hubungan ketenagakerjaan di Kota Pematang Siantar.

Sementara itu, pada proses mediasi yang difasilitasi DPC SBSI antara pemilik usaha Yonglani Damanik dengan Smith mewakili karyawan PHK, terjadi adu mulut, karena Yonglani tidak adanya demonstrasi di depan restoran miliknya.

“Saya tidak takut siapapun. Sudahlah tutup sajalah,saya sudah capek seperti ini. Ketuanya harusnya sebelumnya datang kepada saya, jangan setelah demo baru datang begini,“ teriak Yonglani, yang memicu emosi pendemo.

Pemilik Restoran YY, Yonglani Damanik. (bataktoday/at)
Pemilik Restoran YY, Yonglani Damanik. (bataktoday/at)

Yonglani menjelaskan, karyawan yang demo masih bekerja 4 bulan, dan bahkan ada yang masih 2 bulan. Hal ini berbeda dengan pengakuan Rani Sijabat dan beberapa karyawan yang di PHK.

“Ada yang  satu tahun, dua tahun,bahkan tiga tahun. Dengan gaji 800, itupun baru bulan kemarin dinaikkan dari 700,” tegas Rani yang mengaku sudah kerja selama dua tahun.

Setelah sempat adu argumen, Yonglani akhirnya meminta waktu sampai sore hari ini untuk menjawab tuntutan DPC SBSI Kota Pematang Siantar dan 13 orang karywannya yang di PHK. (AT)

Foto: Suasana unjukrasa DPC SBSI Kota Pematang Siantar bersama 13 karyawan PHK di depan Restoran YY Jalan DI Panjaitan Pematang Siantar, Rabu (7/1) pagi. (bataktoday/at)

  • Bagikan