Satpol PP Tertibkan Pedagang Kaki Lima di Jalan Kartini Siantar

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pematang Siantar mulai menertibkan pedagang kaki lima dan bangunan yang menjorok ke trotoar di sepanjang Jalan Kartini Pematang Siantar.

Pantauan BatakToday, petugas Satpol PP langsung mengangkat gerobak dan membongkar tenda tempat berjualan yang ditinggal pemiliknya di atas trotoar, dan selanjutnya diboyong ke Kantor Satpol PP. Dan kepada pedagang yang ditemui sedang berjualan di lokasi, diberikan waktu untuk membongkar sendiri lapak jualan masing-masing.

Salah seorang pedagang kaki lima yang sehari-hari berjualan sepatu  di lokasi ini meminta kepada satpol PP agar kiosnya tidak dibongkar dan berjanji akan membongkar sendiri.

“Jangan diangkat barang saya Bang. Kalau memang ini aturan dari wali kota,  semua ini akan saya bongkar, tapi jangan dibidik-bidik saya. Saya ga mau dibidik-bidik. Itu aja,“ katanya.

Kasi Ops Satpol PP, Arfin Sinaga saat dikonfirmasi BatakToday di kantornya, Jumat (8/1). (bataktoday/at)
Kasi Ops Satpol PP, Arfin Sinaga saat dikonfirmasi BatakToday di kantornya, Jumat (8/1). (bataktoday/at)

Sementara itu, Kasi Ops Satpol PP, Arfin Sinaga di kantornya mengatakan, kegiatan ini memang sudah tugas rutin satpol PP.

“Trotoar yang sudah diperbaiki oleh Dinas Tarukim dipergunakan masyarakat menjadi tempat jualan. Hal ini sudah mengambil hak pengguna jalan, sehingga masyarakat harus berjalan di jalan raya, bukan di trotoar lagi,” terangnya.

Arfin menjelaskan, sebelumnya sudah ada pemberitahuan kepada pedagang yang menggunakan trotoar.

“Sosialisasi sudah kita sampaikan. Tadi malam sekitar jam 10 kita sudah sosialisasikan supaya barang jangan ditinggal, rupanya ditinggal juga. Jadi kita angkat kekanto untuk diamankan sementara. Jadi mereka nanti datang kemari mengambil barangnya, kita buat surat pernyataan,” tegas Arfin.

Arfin juga mengatakan, kios yang belum dibongkar pemiliknya, diberi waktu sampai hari Senin untuk membongkar sendiri.

“Senin tidak dibongkar, kita akan bongkar sendiri,“ tegas Arfin. (AT)

Foto: Petugas Satpol PP sedang mengangkat gerobak pedagang kaki lima dari trotoar Jalan Kartini Pematang Siantar. (bataktoday/at)[youtube width=”100%” height=”300″ src=”Djra9f9U8Pg”][/youtube]

  • Bagikan