Danau Aek Natonang Dikembangkan untuk Irigasi & Wisata

  • Bagikan

Samosir, BatakToday-

Pemerintah Kabupaten Samosir akan melakukan penataan kawasan Danau Aek Natonang yang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir. Danau tersebut akan dioptimalkan pemanfaatannya sebagai sumber air irigasi untuk dua kecamatan, Simanindo dan Onan Runggu. Selain itu, kawasan itu juga akan dikembangkan menjadi kawasan hutan wisata.

Penjabat Bupati Samosir Anthony Siahaan mengutarakan hal itu saat meninjau kawasan Danau Aek Natonang, Senin (11/1).

Dijelaskannya, keberadaan danau seluas 105 ha yang merupakan bagian dari Kaldera Toba itu akan semakin optimal pemanfaatannya bagi masyarakat, yakni menjadi sumber air irigasi bagi areal pertanian di dua kecamatan dengan debit air 633  liter per detik, dan jangkauan irigasi seluas 1800 ha.

Selain sumber air irigasi, kawasan sekitar danau juga diproyeksikan menjadi kawasan hutan wisata.

Danau Aek Natonang, 'danau diatas danau' yang berada di kawasan dataran tinggi di puncak Pulau Samosir. (sumber: samosirwisata.wordpress.com)
Danau Aek Natonang, ‘danau diatas danau’ yang berada di kawasan dataran tinggi di puncak Pulau Samosir. (sumber: samosirwisata.wordpress.com)

“Kalau Pulau Samosir dikatakan sebagai ‘pulau di atas pulau’, Danau Aek Natonang yang berada di Pulau Samosir ini bisa dikatakan sebagai ‘danau di atas danau’ karena posisinya berada di atas Danau Toba,” terang Anthony.

Selain penataan bendungan untuk optimalisasi irigasi, menurut Anthony, ke depan akan dilakukan penataan aksesibilitas jalan ke lokasi yang hanya berjarak 8 kilometer dari Tomok, serta penataan desa wisata yang diproyeksikan untuk mendukung Geopark Kaldera Toba.

“Di kawasan hutan sekitar danau terdapat banyak tanaman endemik yang hanya di temukan di Pulau Samosir,” ujar Anthony. (AFR/rel)

Foto: Pj Bupati Samosir Anthony Siahaan dan jajarannya saat meninjau Danau Aek Natonang yang direncanakan dibangun sebagai sumber air irigasi dan destinasi wisata, Senin (11/1). (bataktoday/afr/rel)

  • Bagikan