Polres Tanjungbalai Amankan 36 TKI Ilegal dari Sei Asahan

  • Bagikan

Tanjungbalai, batakToday-

Patroli Polres Kota Tanjungbalai berhasil mengamankan 36 TKI ilegal di perairan Sei Asahan Kabupaten Asahan, Sabtu (9/1) sekitar pukul 02.00 WIB dinihari.

Kapolresta Tanjungbalai, AKBP Ayep Wahyu Gunawan menjelaskan, ke-36 TKI illegal itu ditangkap dari atas Kapal KM Bersama GT 10 Nomor 7128 bermesin Vlinder di posisi 100 meter menjelang Selat Kuala Sei Udang.

“Pada saat personil Satpol Air Polres Tanjungbalai melakukan  patroli dengan menggunakan KP II- 1014,  melihat sebuah kapal yang mencurigakan sedang berlayar dari arah Bagan Asahan menuju Kuala Sei Udang, Kabupaten Asahan. Melihat itu mereka langsung  melakukan pengejaran dan menghentikan kapal tersebut. Ternyata setelah dilakukan pemeriksaaan, kapal tersebut didapati membawa penumpang manusia,” katanya.

Ayep menambahkan, kapal dinakhodai PA alias Nanda (30) dan bersama rekannya MSL  (26), keduanya warga jalan Sei Ciulan Lingkungan III  Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai.

Fakta yang mengejutkan, 3 dari 36 orang TKI ilegal yang berhasil diamankan adalah warga negara asing (WNA) asal Myanmar Suku Rohingya.

“WNA 2 orang perempuan dan 1 orang laki-laki, sementara WNI 8 orang perempuan dan 25 orang laki-laki. Kapal KM Bersama GT 10 Nomor 7128 berikut dengan  awak kapal dan seluruh penumpang dibawa dan diserahkan ke Kantor Sat Pol Air Polres Kota Tanjungbalai guna pengusutan lebih lanjut,” pungkas Ayep.

Menurut Ayep, hasil pemeriksaaan terhadap 36 penumpang tersebut, seluruhnya  tidak memiliki dokumen resmi sebagai TKI.

“Pemeriksaan badan dan barang bawaan para penumpang TKI tersebut sudah kita lakukan, namun  petugas tidak menemukan hal-hal yang mencurigai. Karena tidak ada yang mencurigakan, usai diidentifikasi dan dilakukan pemeriksaan atas barang bawaannya, maka WNI itu dilepas untuk pulang ke kampung masing-masing, sedangkan 3 orang WNA tersebut kita serahkan ke Imigrasi,” pungkasnya. (eko)

Foto: Kapolresta Tanjungbalai AKBP Ayep Wahyu Gunawan saat  menjelaskan kejadian penangkapan terhadap 36 penumpang TKI ilegal di Aula Polres Kota Tanjungbalai. (bataktoday/eko)

  • Bagikan