Kejari Siantar Geledah PD PAUS

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Dipimpin Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Pematang Siantar, Ondo MP Purba SH, MHum, tim penyidik melakukan penggeledahan di kantor Perusahaan Daerah Pembangunan Aneka Usaha (PD PAUS) Jalan Merdeka Pematang Siantar, Selasa (12/1) sekitar pukul 13.30 WIB.

Penggeledahan diperkirakan sebagai langkah lanjutan  pengungkapan dugaan korupsi pada perusahaan daerah milik Pemerintah Kota Pematang Siantar itu, menyusul peningkatan status dari penyelidikan menjadi penyidikan pada 14 Desember 2015 lalu.

Tim Penyidik Kejari Siantar, disaksikan aparat kelurahan setempat, langsung menunjukkan surat perintah penggeledahan sesaat setelah tiba di kantor PD PAUS.

Ondo MP Purba selaku ketua tim meminta para wartawan untuk tidak turut memasuki ruangan-ruangan tempat dokumen dan berkas perusahaan ini disimpan.

“Wartawan diminta untuk tidak masuk ruangan yang akan digeledah. Kami harus bertanggungjawab untuk memastikan jangan sampai ada dokumen yang hilang,” pintanya kepada wartawan yang mengiringi tim dari pintu masuk gedung.

Tanpa dihadiri satu orang pun direksi PD PAUS, tim penyidik melakukan penggeledahan, dengan tetap disaksikan Lurah Proklamasi dari pihak pemerintah setempat.

Informasi yang diperoleh batakToday dari salah seorang penjaga kantor, Dirut PD PAUS Herowhin Sinaga sedang bepergian ke luar kota.

Tim jaksa penyidik didampingi tenaga teknis penggeledahan dari Kejari Siantar, mengumpulkan dokumen yang diperlukan, baik berupa dokumen fisik maupun dokumen dalam komputer.

Hingga berita ini diturunkan, penggeledahan masih sedang berlangsung di ruangan Direktur Keuangan, merangkap ruangan Bendahara.

Sebelumnya diketahui bahwa dugaan korupsi di PD PAUS, terkait penyertaan modal Pemko Siantar sebesar Rp 9 milyar, yaitu Rp 4 milyar dari APBD 2014, dan Rp 5 milyar dari APBD 2015, serta dana masyarakat pembeli/penyewa kios di Pasar Melanthon Siregar yang pembangunannya telah dihentikan pihak PD PAUS sendiri.

Saat penggeledahan berlangsung, belum ada pihak PD PAUS yang bisa dimintai keterangan sehubungan proses penggeledahan.

Ketika BatakToday mencoba menanyakan nama ruangan yang sedang digeledah kepada salah satu karyawati, seorang pria lain yang juga karyawan PD PAUS menghardik perempuan muda itu.

“Kalau ada yang nanya, bilang supaya bicara ke Humas,” ujarnya dengan tegas. (AT/ajvg)

Foto: Kasipidsus Kejari Siantar, Ondo MP Purba langsung memimpin tim penyidik pada penggeladahan di kantor PD PAUS, Jalan Merdeka, Pematang Siantar 12/01/2016 (bataktoday/ajvg)[youtube width=”100%” height=”300″ src=”QzY5h7LyhCw”][/youtube]

  • Bagikan