Jumsadi: Guru dan Kepala Sekolah Jangan Lakukan Kutipan Liar

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik mengultimatum para guru dan kepala sekolah mulai tingkat SD, SMP, SMA/SMK untuk tidak melakukan kutipan-kutipan liar yang dampaknya sangat membebani para orangtua siswa.

“Apalagi kutipan yang sifatnya untuk kepentingan pribadi para guru dengan dalih yang dibuat sedemikian rupa. Jika masih ada yang ketahuan, berdasarkan laporan masyarakat, saya akan mengambil tindakan tegas,” ujarnya di hadapan sejumlah pejabat Pemko Pematang Siantar di Ruang Data Balai Kota, Rabu (13/1).

Jumsadi juga mengingatkan, agar para guru maupun kepala sekolah atau pengurus komite untuk tidak melakukan kutipan-kutipan ilegal di luar ketentuan yang sudah digariskan.

“Bukan zamannya lagi sekarang guru meminta-minta uang kepada muridnya dengan dalih yang dikarang-karang,” tegasnya tanpa merinci sekolah-sekolah yang diduga melakukan kutipan.

Sangat tidak logis, lanjutnya, seorang guru yang akan menikah, pensiun, orangtua atau mertuanya meninggal tapi malah siswa yang dibebani.

“Memangnya kalau orangtua siswa yang meninggal, para guru itu ikut kasih sumbangan ya? Kan tidak juga. Jadi, model-model seperti itu harus kita tinggalkan, jangan sampai nanti masyarakat marah kepada kita,” tandasnya.

Pj Wali Kota juga menerima laporan adanya kutipan-kutipan lain yang diduga dikarang-karang dengan dalih ada diatur dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga OSIS atau Komite Sekolah.

Padahal, pemerintah pusat tengah berupaya membantu penyelenggaraan pendidikan dengan memberikan berbagai bantuan dalam bentuk fasilitas maupun pembiayaan.

Karena itu, kepada masyarakat selaku orang tua siswa, Pj Wali Kota meminta agar masyarakat turut mengawasi proses pendidikan di sekolah-sekolah, dengan melaporkan jika ada kutipan-kutipan di luar ketentuan.

“Dengan demikian, masyarakat juga ikut membangun pendidikan yang jujur dan berkualitas demi kemajuan bangsa yang bebas dari korupsi,” tandasnya. (rel/tg)

Foto: Jumsadi Damanik di hadapan sejumlah pejabat Pemko Pematang Siantar di Ruang Data Balai Kota, Rabu (13/1). (bataktoday/rel)

  • Bagikan