Kennedy Parapat Apresiasi Penggeledahan PD PAUS

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Tindakan penggeledahan yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pematang Siantar di kantor Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD PAUS) guna mencari alat bukti atas dugaan korupsi di perusahaan tersebut, mendapat apresiasi dari anggota Komisi II DPRD Kota Pematang Siantar, Kennedy Parapat.

Ia mengakui, sebelumnya DPRD juga sudah mencurigai adanya penyimpangan yang dilakukan PD PAUS dalam pengelolaan penyertaan modal Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar.

Atas kecurigaan itu, DPRD dalam rekomendasi hasil rapat gabungan komisi meminta agar masalah ini diproses secara hukum.

“Sudah kami rekomendasikan agar ini diproses secara hukum,” ujar Kennedy saat ditemui BatakToday di kantor DPRD Jalan H Adam Malik Pematang Siantar, Rabu (13/1) siang.

Disinggung mengenai penyertaan modal untuk PD PAUS yang kembali ditampung dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016, menurutnya hal itu disetujui oleh DPRD karena sudah diatur dalam peratuan daerah (perda) penyertaan modal.

Namun, anggaran itu dikatakannya tidak serta-merta langsung diberikan walaupun sudah disetujui oleh legislatif, karena pertanggungjawaban penggunaan penyertaan modal sebelumnya terlebih dahulu harus diperiksa oleh Badan Pengawas PD PAUS. Selanjutnya Badan Pengawas akan memberi rekomendasi kepada pemko selaku pemilik perusahaan untuk disetujui.

Dilanjutkanya, seandainya nanti proses hukum pasca penggeledahan membuktikan adanya tindak pidana korupsi dilakukan oleh pengelola perusahaan, anggaran dimaksud tetap harus diberikan jika sudah mendapat persetujuan pemko.

“Jadi kalau pengelolanya ada yang terbukti secara sah melawan hukum, ya oknumnya yang diganti. Perusahaan tetap berjalan, karena ada perda yang mengatur,” tutup Kennedy. (EM).

Foto: Anggota Komisi II DPRD Kota Pematang Siantar, Kennedy Parapat. (bataktoday/em)

https://soundcloud.com/bataktoday-news/komentar-anggota-komisi-2-dprd-siantar-kennedy-parapat-atas-penggeledahan-kantor-pd-paus-oleh-kejari

  • Bagikan