Polres Humbahas Ringkus Sindikat Penipu Timbangan Beras

  • Bagikan

Doloksanggul,BatakToday-

Aparat Satuan Reskrim Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) menangkap para pelaku sindikat penipu timbangan beras di Doloksanggul, Rabu (13/1) siang.

Penangkapan dilakukan setelah banyak keluhan dan laporan warga yang kerap membeli beras dari pasar yang beratnya tidak sesuai dengan yang tertera di karung beras.

Dalam penangkapan itu, aparat mengamankan tiga truk bermuatan beras dengan muatan 762 karung berbagai merek.

”Setelah kita amankan dan kita cek timbangan berat per karung sesuai dengan label berat pada karungnya, ternyata benar terjadi pengurangan antara satu hingga dua kilogram,” ujar Kasat Reskrim Polres Humbahas, AKP Jonser Banjarnahor.

Jonser mengungkapkan, untuk sementara dari hasil pemeriksaan, terdapat penipuan berat beras dalam karung hingga satu ton atau 1.000 kilogram.

”Jika kita periksa tadi berat beras per karung itu, dari 760 karung beras yang dibawa diperkirakan terdapat penipuan hingga satu ton. Sebab, jika satu karung saja dikurangi satu kilogram, itu sudah 760 kilogram,” ungkapnya.

Lebih lanjut, beber Jonser, beras dengan merek PHH, Bona Padi dan MO itu, didatangkan dari Balige, Kabupaten Toba Samosir untuk disalurkan ke para pedagang beras di Kabupaten Humbahas.

”Hasil keterangan para sopir truk dan tukang pundak yang kita periksa, beras itu direncanakan akan dibagi kepada para pedagang beras di Kabupaten Humbahas. Jadi, inilah yang selama ini meresahkan masyarakat sesuai laporan yang masuk ke kita,” paparnya.

Untuk pengembangan selanjutnya, Polres Humbahas mengamankan barang bukti tiga unit truk Colt Diesel berisi 760 karung beras, serta melakukan penyelidikan lanjutan kepada para penyalur di Kabupaten Toba Samosir.

”Sindikat ini akan kita lanjutkan dengan melakukan penyelidikan kepada para penyalur di Tobasa,” pungkasnya. (FT)

Foto: Seorang anggota Satuan Reskrim tengah menunjukkan dua dari tiga truk pengangkut beras yang diamankan. (bataktoday/ft)

  • Bagikan