Dibangun Miliaran Rupiah, Gedung Metrologi Tebing Tinggi Telantar

  • Bagikan

Tebingtinggi, Batak Today-

Gedung Metrologi Kota Tebingtinggi di Jalan Gunung Martimbang, Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan sudah dua tahun selesai pembangunannya namun belum juga difungsikan.

Bahkan gedung yang cukup megah ini mulai terlihat dikepung rumput dan lalang. Cat bangunan kini terlihat pudar dan lantainya bila hujan selalu digenangi air.

Pembangunan gedung itu ditangani Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kota Tebingtinggi semasa dipimpin Yunus Matondang, pembangunan fisik bangunan senilai Rp 2,6 miliar dikerjakan CV Mitra, dan pengadaan peralatan senilai Rp 1,3 miliar dikerjakan  CV Agung Oloan Perkasa,  ditampung dalam APBD 2014.

Amatan BatakToday, hingga saat ini sebagian sisi gedung belum dilakukan pengecatan dan pemelesteran.

“Kita yakin kalau dana untuk pekerjaan ini sudah ditampung dalam RAB, namun tidak  dikerjakan, diduga demi meraup untung. Itu bisa merugikan keuangan negara,” ujar RG Sonang Harahap, Ketua LSM Pemerhati Kinerja Aparatur dan Perkebunan RI kepada BatakToday, Kamis (14/1).

Sonang mendesak agar proyek pembangunan gedung tersebut diusut, begitu juga pengadaan peralatan yang tidak terlihat di lokasi bangunan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Kota Tebingtinggi, Sahnan Hasibuan ketika dikonfirmasi di ruang kerjannya mengatakan, belum difungsikannya Gedung Metrologi karena belum ada meubilair.

“Bagaimana staf kita mau bekerja di sana, sementara meja kursi dan lemari belum ada. Kami sudah ajukan anggaran tapi belum direalisasikan,” kilahnya.

Menurut Sahnan, sudah ada memorandum of understanding (MoU) dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, paling lambat Oktober tahun ini gedung itu sudah difungsikan. (iss)

Foto: Kadis Koperindag Kota Tebing Tinggi Sahnan Hasibuan.

  • Bagikan