Pasca Bom Sarinah, Pos Lantas di Medan Kosong

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Tidak seperti biasa, sejumlah pos polisi lalu lintas di Kota Medan kosong, Kamis (14/1/2016). Hal ini terlihat di pos lantas yang berada di Jalan Sudirman dan Jalan Gatoto Subroto. Kondisi itu terjadi pasca ledakan bom di kawasan pusat perbelanjaan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis pagi.

“Sebagai manusia kekhawatiran pasti ada. Tapi kita tetap lakukan pengamanan,” kata Dirpam Obvit Polda Sumut, Kombes Heri Subiansori, seraya menjelaskan, pengosongan beberapa pos polantas dilakukan untuk antisipasi kejadian serupa.

Heri menjelaskan, situasi di Medan sejauh ini masih kondusif. Begitu pun, ia dan jajarannya sudah melakukan peningkatan patroli pengamanan di sejumlah lokasi.

“Sejauh ini kita belum menerima ada laporan teror dari warga. Seluruh objek vital tetap dalam pengawasan kita. Peningkatan patroli dan pengawasan ‎kita lakukan. Enggak ada prioritas dimana lokasi yang akan diawasi. Seluruh objek vital yang ada di Medan terus awasi,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan di akses masuk Hotel JW Marriot Medan. Petugas langsung melakukan pengamanan ekstra di objek-objek vital di Kota Medan.

“Pengamanan sudah kita lakukan dari hari sebelumnya. Kali ini kita lebih ketatkan pengamanan. Pengamanan ada dua cara, terbuka dan tertutup. Penambaham jumlah personel tidak ada, tapi patroli ditingkatkan, kewaspadaan ditingkatkan,” jelasnya.

Dikatakannya, ada empat kegiatan pengamanan dilakukan Polda Sumut, yakni di tempat perwakilan Negara asing, lembaga negara, tempat wisata, dan objek vital lainnya.

“Pengamanan, di tempat-tempat perwakilan asing, ada pengawasan tertentu, seperti bandara dan pelabuhan,” ujarnya.

Di Hotel JW Marriot, pemeriksaan dilakukan di setiap sudut. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan mengerahkan anjing pelacak. Pemeriksaan setiap mobil yang masuk lebih diperketat.

“Kita lihat titik rawan, seperti pengecekan bagasi, karena kita tidak ingin ada kejadian ledakan bom seperti di Jakarta,” katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Sumut ini pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama melakukan pengamanan. Sebab, Polri membutuhkan bantuan dari masyarakat.

“Kami minta masyarakat juga membantu untuk menjaga objek vital. Kita tingkatkan pengamanan yang lebih ekstra di Sumut,” katanya. (AFR)

Foto: Ledakan yang terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, merusakkan pos polisi di perempatan depan Gedung Sarinah, Kamis (14/1/2016). (sumber: news.th.com)

  • Bagikan