BPS Siantar akan Gelar Sensus Ekonomi 2016

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Bersama Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten/kota di seluruh Indonesia, BPS Kota Pematang Siantar akan menyelenggarakan Sensus Ekonomi 2016 yang merupakan agenda sepuluhtahunan BPS sejak tahun 1986.

Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian nasional, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Hal itu diutarakan Kepala BPS Kota Pematang Siantar, Sawaluddin Naibaho, kepada BatakToday di kantornya, Kamis (14/1/2016).

Naibaho menjelaskan, sensus yang akan digelar adalah pendataan kegiatan usaha secara menyeluruh selain sektor pertanian, untuk menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya.

Menurut Naibaho, sensus mencakup seluruh usaha non pertanian, baik yang memiliki lokasi tetap seperti mall, pasar, kantor, maupun yang dikelola pada lokasi tidak tetap seperti kaki lima, pasar kaget, usaha keliling, serta usaha rumah tangga.

“Jadi bukan hanya perusahaan besar, rumah-rumah tangga juga akan kita data. Sensus juga mencakup usaha yang sifatnya unik seperti perdagangan online,” ujar Naibaho.

Naibaho merinci, pelaku ekonomi yang akan menjadi target pendataan sifatnya menyeluruh, mulai dari pemerintah (sekolah, rumah sakit), lembaga nonprofit (tempat ibadah, organisasi sosial), korporasi (perusahaan, restoran, supermarket, hotel, dst), dan rumah tangga (online, sektor nonformal).

Untuk melaksanakan sensus, terang Naibaho, BPS Pematang Siantar akan merekrut 454 petugas kontrak yang akan melakukan pencacahan pada bulan Mei tahun ini.

“Rekrutmen petugas kontrak rencananya kita umumkan tanggal 25 Januari ini melalui media massa, kantor camat serta kelurahan,” tutupnya. (EM)

Foto: Kepala BPS Kota Pematang Siantar, Sawaluddin Naibaho. (bataktoday/em)

  • Bagikan