Jumsadi: Saya Tak Berniat Melakukan Mutasi Pejabat

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik meminta kepada seluruh pejabat struktural di lingkungan Pemko Pematang Siantar untuk bekerja sebagaimana biasanya sesuai tugas dan fungsi masing-masing, jangan terkontaminasi dengan adanya isu-isu rotasi atau mutasi yang belakangan banyak berhembus, termasuk di sejumlah media.

“Saya sebagai Penjabat Wali Kota tak pernah berniat melakukan rotasi atau mutasi pejabat, karena bukan itu tugas utama saya. Laginya, untuk apa saya nambah-nambah kerjaan dengan merombak pejabat, sementara masih banyak pekerjaan prioritas menanti, yang lebih membutuhkan konsentrasi serta ditunggu oleh masyarakat,” katanya Sabtu (16/1).

Ditambahkan, jika semua pejabat struktural bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsi masing-masing dan senantiasa melayani kebutuhan masyarakat dengan baik, tak ada alasan untuk melakukan rotasi atau mutasi. Karena hal itu lebih baik dilakukan nantinya oleh wali kota defenitif, bukan oleh penjabat.

Selain membutuhkan izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk perombakan pejabat dan butuh proses panjang, Jumsadi juga tak menjamin orang yang dihunjuk menggantikan jabatan tertentu bisa lebih baik dari yang digantikan.

“Jadi semua bekerja saja dengan tenang, jangan pikirkan soal pergantian,” katanya.

Menyinggung seleksi Dewan Pengawas PDAM Tirtauli, Pj Wali Kota menegaskan, dirinya tidak punya kepentingan pribadi untuk mendudukkan orang-orang tertentu. Tim Seleksi dibentuk justru untuk mencari figur-figur yang mampu dan punya kapasitas mengawasi operasional PDAM Tirtauli agar semakin baik dan profesional. Meski kewenangan mengganti merupakan otoritasnya sebagai Pj Wali Kota, tetapi ia lebih memilih melakukan seleksi terbuka dengan membentuk tim seleksi.

“Bisa saja langsung saya tunjuk si A atau si B jadi Dewan Pengawas, karena memang dibolehkan oleh ketentuan. Tetapi kalau saya tunjuk si A atau si B tanpa seleksi, tentu publik malah akan bertanya apa kriterianya, apa parameternya, apa kepentingannya, dan macam-macam lagi lah itu. Kok si A atau si B yang ditunjuk. Kan malah lebih bagus terukur dan transparan jika dibuat tim seleksi untuk menghasilkan orang yang kredibel sesuai kriteria yang telah ditentukan,” tutupnya. (rel)

Foto: Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik. (bataktoday/rel)

  • Bagikan